Penuhi Kebutuhan Jatim, SKK Migas Diminta Jalankan 5 Langkah Strategis Ini 

Lukman Hakim · Kamis, 30 Desember 2021 - 09:56:00 WIB
Penuhi Kebutuhan Jatim, SKK Migas Diminta Jalankan 5 Langkah Strategis Ini 
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. (Foto: SINDOnews/Lukman Hakim)

SURABAYA, iNews.id - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak berharap Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dapat mengambil langkah strategis demi terpenuhinya kebutuhan migas di Jatim. Hal itu mengingat, potensi cadangan Migas dapat dioptimalkan untuk kemajuan Jatim.

"Jawa Timur adalah salah satu daerah yang punya potensi besar di bidang gas bumi. Ini dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jatim sendiri," katanya saat menghadiri pertemuan bersama SKK Migas Jawa-Bali-Nusa Tenggara (Jabanusa) di Gedung Grahadi Surabaya, Rabu (29/12/2021).

Emil mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah identifikasi detail atas permintaan serta pasokan minyak dan gas bumi di Jatim. Identifikasi supply dan demand untuk migas, kata dia, sangat perlu dilakukan. Ini salah satunya membuat mapping khusus supply dan demand yang ada. 

"Kata kunci dari langkah ini adalah antara pengguna dan produsen harus bertemu sedini mungkin untuk membahas apa yang diperlukan dan apa yang bisa dipasok," ujarnya.

Begitu supply dan demand teridentifikasi, Emil mengimbau agar dilakukan langkah kedua, yaitu penyusunan rencana dengan melibatkan berbagai dinas terkait. Emil pun berharap, agar kawasan-kawasan industri yang ada di Jatim turut terlibat dalam berbagai bentuk partisipasi, salah satunya dengan digelarnya Focused Group Discussion (FGD). 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: