Pemudik Meninggal di Kabin Pesawat saat Lepas Landas di Bandara Juanda

Pramono Putra ยท Sabtu, 09 Juni 2018 - 18:19 WIB
Pemudik Meninggal di Kabin Pesawat saat Lepas Landas di Bandara Juanda
Petugas saat mengevakuasi penumpang mudik lebaran yang meninggal di kabin pesawat Lion Air. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SURABAYA, iNews.id – Seorang pemudik asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), lemas dan tak sadarkan diri dalam kabin pesawat Lion Air sesaat sebelum lepas landas menuju Kupang dari Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Sabtu (9/6/2018). Saat dibawa ke klinik dan dilarikan ke rumah sakit (RS) di lingkungan bandara, dia dinyatakan meninggal dunia.

Peristiwa nahas itu dialami M Syafii (20), warga Andonara, Flores. Bermaksud mudik lebaran ke kampung halamannya, dia justru berpulang menghadap Yang Maha Kuasa. Almarhum mengembuskan napas terakhir dalam persiapan penerbangan Lion Air JT 692, Surabaya-Kupang.

Keterangan dari keluarga korban, sebelum naik ke kabin pesawat, almarhum sebenarnya sudah mengeluhkan sesak nafas. Namun karena keinginan kuat untuk mudik lebaran dan bertemu keluarganya, almarhum memutuskan tetap memaksa berangkat dan naik ke dalam kabin pesawat.

Sesaat pesawat hendak lepas landas, almarhum mendadak tak sadarkan diri. Ditengarai dia kelelahan setelah menempuh perjalanan dari Surabaya ke Bandara Juanda.

“Teman-teman di lapangan menerima informasi adanya penumpang yang pingsan. Setelah itu ditindaklanjuti dengan membawanya ke klink bandara. Namun kondisinya sudah tidak tertolong,” kata Humas Angkasa Pura I Surabaya, Yuristo Ardi.

Dia melanjutkan, kondisi korban saat naik pesawat kondisi memang sudah lemah, sehingga diduga kuat korban meninggal dunia karena kecapekan. Oleh keluarga korban, jenazah almarhum dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo untuk kepentingan visum. Rencananya, jenazah akan dibawa pulang ke rumah saudaranya di Sidoarjo untuk dimakamkan.


Editor : Donald Karouw