Pemudik Diprediksi Melonjak Jelang Idul Adha, Tol Trans Jawa Siap Dilalui

Asfi Manar ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 05:30:00 WIB
Pemudik Diprediksi Melonjak Jelang Idul Adha, Tol Trans Jawa Siap Dilalui
Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan melakukan inspeksi persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha di Exit Tol Ngawi, Sabtu (25/7/2020). (Foto: iNews/Asfi Manar)

NGAWI, iNews.id – Arus lalu lintas di berbagai ruas tol dan jalan nasional Jawa-Bali diprediksi bakal meningkat menjelang Hari Raya Idul Adha. Saat ini, kondisi jalur tol Trans Jawa sudah siap dilalui para pemudik.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan saat melakukan inspeksi di Exit Tol Ngawi, Sabtu (25/7/2020) mengatakan, peningkatan arus lalu lintas diprediksi terjadi karena Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Jumat dengan perpanjangan libur hingga tiga hari. Exit Tol Ngawi diperkirakan menjadi jalur favorit bari pemudik dari Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Selain itu, kondisi new normal pandemi Covid-19 dan longgarnya penyekatan di beberapa daerah, banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang saat Idul Fitri lalu tidak bisa mudik,” kata Rudy.

Dari hasil pemantauan ruas jalan nasional terutama jalur tol Trans Jawa, Rudi memastikan kondisi sudah siap. Jajaran Polri siap melakukan pengamanan jajarannya sehingga kerawanan arus mudik dapat ditekan.

Persiapan tersebut berupa rekayasa arus lalu lintas di jalur arteri, jalur menuju kawasan wisata dan tempat ibadah. Untuk pengamanan, petugas kepolisian bekerja sama dengan stakeholder di masing-masing daerah, terutama satu hari menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Alhamdulillah dari seluruh rangkaian kunjungan yang kami lakukan, semua ruas tol sudah siap dilalui oleh para penguna tol yang diprediksi meningkat mulai H-1 hingga tanggal 2 Agustus, berikut semua jajaran yang ada,” kata Rudy.

Terkait kondisi new normal pandemi Covid-19, Rudy juga akan mengerahkan jajarannya untuk melakukan operasi patuh. Namun berbeda dengan operasi patuh sebelumnya, kali ini petugas kepolisian akan lebih menekankan pada sosialisasi dan edukasi untuk menjaga kesehatan di masa pandemi.

“Berbeda dengan operasi patuh sebelumnya, saat ini porsi penegakan hanya 20 persen. Selebihnya berupa edukasi, sosialisasi, seperti menjaga jarak, memakai masker, sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19,” kata Rudy.

Rudy juga memastikan tidak ada penyekatan jalan yang diinstruksikan kepada jajarannya sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha. Namun, pihaknya siap bekerja sama dengan stakeholder terkait jika hal tersebut harus dilakukan.

Editor : Maria Christina