Peduli Wabah Korona, IKA ITS Bagi-Bagi Cairan Pembersih Tangan kepada Masyarakat

Ihya Ulumuddin ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 01:00 WIB
Peduli Wabah Korona, IKA ITS Bagi-Bagi Cairan Pembersih Tangan kepada Masyarakat
IKA ITS bagikan hand sanitizer gratis kepada masyarakat sekitar kampus. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Pengurus Pusat Ikataan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PP IKA ITS) membagikan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan  langsung kepada masyarakat, Jumat (20/3/2020). Tak hanya itu, organisasi ini juga akan mengadakan pelatihan pembuatan hand sanitizer kepada masyarakat.

Pembagian dilakukan di Masjid As Sa’adah Jalan Arief Rahman Hakim, Keputih – Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur (Jatim) usai salat Jumat. Acara ini dipimpin langsung oleh Ketua Harian PP IKA ITS, Mujiaman Sukirno.

Acara pembagian hand sanitizer ini dihadiri perwakilan dari pengurus masjid, pondok pesantren, dan serta fasilitas umum yang berada di sekitar kampus ITS Surabaya atau wilayah Keputih dan Gebang.

Menurut Ketua Umum IKA ITS, Sutopo Kristanto, aksi ini merupakan bentuk partisipasi aktif sebagai bagian dari masyarakat yang secara bersama-sama melakukan aksi melawan penyebaran virus Covid-19 atau korona. Untuk awalan, tim akan menyasar pengurus masjid, pondok pesantren, dan fasilitas umum di sekitar kampus ITS

“Selanjutnya IKA ITS akan menyasar tempat dan kelompok warga masyarakat lainnya,” katanya (20/3/2020).

IKA ITS juga membuka dompet donasi untuk lebih memperluas dan memperbesar aksi serupa. Selanjutnya, mereka juga melakukan sosialisasi ke seluruh komunitas alumni ITS agar turut seta aktif dalam aksi peduli wabah korona ini.

“Alumni ITS yang ingin mendukung aksi peduli tersebut, dapat mengirimkan donasinya melalui rekening resmi IKA ITS,” katanya.

IKA ITS tak hanya membagikan hand sanitizer sebagai bentuk kepedulian terhadap wabah korona. Ada beberapa kegiatan lain yang akan dilakukan di antaranya, sterilisasi sarana prasarana umum, pemberian disinfektan pada komunitas yang rentan penyebaran korona dan juga memberikan pelatihan cara pembuatan hand sanitizer untuk kebutuhannya warga masyarakat sendiri.

“Upaya tersebut akan dikembangkan ke seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan Pengurus Wilayah dan Komisariat Jurusan IKA ITS,” katanya.

Dalam upaya-upaya tersebut, IKA ITS juga menggandeng Pusat Halal ITS dalam memberikan pelatihan pembuatan hand sanitzer. Hal ini karena ada alkhol sebagai bahan bakunya.

Sebelumnya, IKA ITS telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh alumni ITS untuk turut serta melawan penyebaran korona, di antaranya social distancing, menjaga imunitas tubuh, dan menjaga kebersihan diri sesuai dengan anjuran pemerintah.

IKA ITS juga mendukung penuh kebijakan rektor dalam mencegah penyeberan virus korona di lingkungan kampus. Di antaranya penundaan wisuda ITS, pengosongan lingkungan kampus, dan meliburkan sementara kegiatan perkuliahan dan mengganntinya dengan perkuliahan online atau daring.


Editor : Umaya Khusniah