Pascalongsor, Jalur Menuju Objek Wisata Gunung Bromo Kembali Bisa Dilalui 

Avirista Midaada · Selasa, 12 Januari 2021 - 17:38:00 WIB
Pascalongsor, Jalur Menuju Objek Wisata Gunung Bromo Kembali Bisa Dilalui 
Petugas BPBD Pasuruan dibantu warga membersihkan material longsor, Selasa (12/1/2021). (Foto: Okezone/Avirista Midaada)

PASURUAN, iNews.id – Jalur menuju wisata Gunung Bromo kembali bisa dilalui pascalongsor, Senin (11/1/2021). Material longsor di dua titik tebing yang ambrol telah dibersihkan, masing-masing di Desa Tosari dan Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

“Sudah bisa dilalui lagi. Kemarin, tim kita dari BPBD, Binamarga naik mulai pagi sampai baru turun jam 8 malam terkait pembersihan, pemetaan, mitigasi, baru turun jam 20.00 WIB malam, saya pribadi juga. Langsung bisa dilintasi kemarin,” kata Plt BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris, Selasa (12/1/2021). 

Ridwan mengatakan, pihaknya bersama PU Bina Marga Pasuruan sudah menerjunkan alat berat untuk membersihkan meterial longsor. Semua lumpur dan batu yang menutup jalan telah dipindahkan. 

Namun, untuk mengantisipasi longsor susulan di akses jalan ke wisata Gunung Bromo, Harris telah menyiagakan alat berat milik PU Binamarga untuk pembersihan material longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Saat ini kita siagakan alat berat, yang sewaktu-waktu ada longsor menutup akses jalan utama masyarakat kita stand by kan alat melalui Dinas Binamarga kemarin, kita stand by kan untuk penanganan kedaruratan,” katanya. 

Harris juga mengungkapkan telah memasang sejumlah rambu-rambu dan penanda di sekitar area jalan yang longsor, sebagai peringatan bagi pengendara jalan yang melintas.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2