Nestapa Pangeran Diponegoro, Cintanya Ditolak Gadis Cantik Manado Saat Pengasingan 

Avirista Midaada · Kamis, 21 Juli 2022 - 07:33:00 WIB
Nestapa Pangeran Diponegoro, Cintanya Ditolak Gadis Cantik Manado Saat Pengasingan 
Foto : lukisan penangkapan Diponegoro sebelum diasingkan. (foto repro)

SURABAYA, iNews.id - Pangeran Diponegoro ternyata pernah merasakan patah hati. Cintanya ditolak gadis cantik, putri seorang letnan di Manado. 

Perempuan cantik itu merupakan putri dari warga muslim terkemuka di Manado Letnan Hasan Nur Latif. Saat itu, Pangeran Diponegoro berada di pengasingan dan bertemu sang gadis pujaan hati. 

Hal ini dikisahkan pula oleh Peter Carey di bukunya "Takdir Riwayat Pangeran Diponegoro : 1785- 1855 saat Pangeran Diponegoro diasingkan oleh Belanda

Letnan Hasan Nur Latif merupakan opsir tentara Milisi Manado dan seorang tokoh muslim di sana. Penolakan ini disampaikan Latif sendiri saat sang pangeran bermaksud mempersunting anak perempuannya yang cantik jelita. 

Konon pejabat Residen Manado J.P.C Cambier pun sampai mendukung keputusan Latif untuk menolak lamaran Pangeran Diponegoro. Cambier mengatakan, tak patut bagi Latif untuk menjalin hubungan keluarga lewat perkawinan dengan pangeran yang sedang diasingkan. 

Penolakan perkawinan ini tentu tidak menghalangi kehidupan seks sang pangeran yang cukup aktif. Pietermaat Residen Manado melaporkan percakapan yang paling digemari sang pangeran adalah tentang perempuan dimana dia terlihat sebagai seorang kekasih yang hebat. 

Selama di pengasingan pula Pangeran Diponegoro juga mendapat tidak kurang dari tujuh anak lagi. Kebanyakan didapat dari perempuan-perempuan Jawa di luar istri resminya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: