Napak Tilas Sarbumusi, Bangkit Jadi Serikat Terbesar di Indonesia

Antara · Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:29:00 WIB
Napak Tilas Sarbumusi, Bangkit Jadi Serikat Terbesar di Indonesia
Presiden Konfederasi Sarbumusi NU, Irham Ali Saifuddin (Foto: Istimewa)

SIDOARJO, iNews.id - Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) NU menggelar acara napak tilas hari jadi di Pabrik Gula Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Acara itu dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Di tempat ini kami memperingati Puncak Harlah dengan Napak Tilas, bukan saja berefleksi tentang bagaimana serikat ini dilahirkan, tetapi juga mencari berkah dari para pendiri," kata Presiden Konfederasi Sarbumusi NU, Irham Ali Saifuddin, Minggu (2/10/2022).

Dia menambahkan, Sarbumusi pernah menjadi serikat terbesar di Indonesia setelah Sobsi PKI di masa Orde Lama. Ketika pemberlakuan organisasi tunggal oleh Orde Baru, hampir semua serikat tiarap, bahkan tidur permanen dan tidak pernah bangun lagi setelahnya.

"Tetapi tidak dengan Sarbumisi. Serikat ini katanya terbangun dari mati surinya di era pasca reformasi dan perlahan bertansformasi di tangan dingin Syaiful Bahri Anshori," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, Napak Tilas 67 tahun Sarbumusi ini sengaja dilakukan persis di tempat kelahirannya, yakni Pabrik Goela Sidoarjo. Tujuannya sebagai penanda ghiroh simbolik untuk ikhtiar kebangkitannya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: