Mutasi Virus Corona B117 Bikin Warga Panik, Khofifah: Sampai saat Ini Belum Ditemukan di Jatim

Lukman Hakim · Kamis, 04 Maret 2021 - 17:57:00 WIB
Mutasi Virus Corona B117 Bikin Warga Panik, Khofifah: Sampai saat Ini Belum Ditemukan di Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok)

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik terkait penemuan mutasi virus Corona B117 UK di Indonesia. Dia memastikan mutasi virus penyebab Covid-19 itu belum ditemukan di Jatim.

Namun, Khofifah meminta masyarakat harus semakin meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, virus jenis baru itu terbukti lebih menular 70 persen dibandingkan virus yang ada sekarang. 

"Sampai saat ini belum ditemukan mutasi B117 UK di Jatim," kata Khofifah di sela kunjungan kerjanya di Ponorogo, Kamis (4/3/2021).

Diketahui, Wakil Menteri Kesehatan (Menkes), Dante Saksono Harbuwono pada Selasa (2/3/2021) mengumumkan penemuan mutasi virus Corona B117 UK di Indonesia melalui kanal YouTube Kemenristek/BRIN. Penemuan itu didapatkan dari hasil sequencing sampel diantaranya dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dari Jatim. Mutasi virus tersebut ditemukan di Karawang dari pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Khofifah menyatakan, Pemprov Jatim akan berkoordinasi dengan laboratorium yang bisa melakukan sequencing untuk selalu mengirimkan sampel. Sequencing merupakan proses mengurutkan RNA Virus untuk mengetahui susunan aslinya. 
"Bila ada mutasi di Jatim, akan bisa segera dideteksi dan disampaikan ke masyarakat," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2