Mengenal Senjata Tradisional Khas Madura yang Mematikan, Apa Itu?

Ajeng Wirachmi · Kamis, 28 April 2022 - 17:02:00 WIB
Mengenal Senjata Tradisional Khas Madura yang Mematikan, Apa Itu?
Ilustrasi Celurit (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Jika membicarakan senjata tradisional khas Madura, celurit sudah pasti menjadi bahasan utama. Senjata tradisional satu ini adalah senjata asli Madura yang memiliki bentuk bulan sabit.

Melansir laman resmi Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), celurit terbuat dari besi dan gagangnya berasal dari kayu. Celurit juga memiliki sarung yang umumnya dibuat dari kulit sapi atau kerbau yang sangat tebal.

Keberadaan celurit sangat erat kaitannya dengan carok, yakni tradisi Madura yang mengharuskan adanya perkelahian antara 2 orang. Carok dilakukan untuk tujuan mempertahankan harga diri seseorang.

Dalam jurnal bertajuk “Sikap Masyarakat Madura Terhadap Tradisi Carok: Studi Fenomenologi Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Madura”, diketahui bahwa carok bisa dilakukan secara ngonggai atau duel satu lawan satu. Carok juga bisa dilakukan dengan nyelep atau menikam musuh. Di awal kemunculannya, carok lebih banyak dilakukan secara ngonggai. 

Senjata tradisional khas Madura yang digunakan untuk carok ini biasanya memiliki permukaan yang lebih halus dan putih mengkilap. Artinya, celurit tersebut sangat tajam dan siap digunakan untuk melakukan tradisi carok.

Jenis celurit yang paling banyak diminati oleh masyarakat Madura adalah celurit Takabuan. Seperti namanya, senjata tradisional ini berasal dari desa Takabu di wilayah Madura Barat. Ketajaman celurit jenis ini sudah tidak diragukan lagi karena terbuat dari baja dan besi dengan kualitas super.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: