Masa Transisi, Tempat Wisata di Kota Batu Belum Ada yang Ajukan Izin Buka

Deni Irwansyah ยท Senin, 22 Juni 2020 - 12:47:00 WIB
Masa Transisi, Tempat Wisata di Kota Batu Belum Ada yang Ajukan Izin Buka
Salah satu tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur (Foto: iNews/Deni Irwansyah)

KOTA BATU, iNews.id - Tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur (Jatim) hingga saat ini belum ada yang mengajukan izin untuk buka. Sementara hotel yang sudah buka mensyaratakan surat bebas Covid-19 (swab test) kepada tamu yang berasal dari zona merah.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan, dari 50 hotel yang ada di wilayahnya, baru 20 yang mengajukan izin kembali beroperasi. Mereka juga bersedia diverifikasi kelayakan sesuai protokol kesehatan.

"Untuk pengunjung yang berasal dari zona merah seperti Jakarta dan Surabaya, kami minta harus menunjukkan hasil swab test negatif," katanya usai rapat evaluasi menuju new normal Malang Raya bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Dewanti menambahkan, nantinya pemerintah kota (pemkot) akan membahas bersama pengelola terkait tempat pariwisata di Kota Batu. "Apakah cukup hasil rapid test atau harus sampai swab test," katanya.

Dia menegaskan, dalam pembicaraan nanti akan dibahas risiko-risiko dan juga efek negatif positif. Bila dinilai risikonya sama dengan hotel, maka pengunjung tempat wisata harus dengan swab test.

"Bicara tempat pariwisata di Kota Batu, bukan malalah boleh dan tidak, melainkan mana yang siap, lalu kami verifikasi. Tapi sampai saat ini belum ada yang mengajukan," katanya.

Hingga saat ini, di Kota Batu masih memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Malang Raya, termasuk Kota Batu masih belum bisa memasuki tahapan new normal.

Usai PSBB berakhir, Malang Raya masuk masa transisi selama dua pekan. Namun berdasarkan evaluasi yang dilakukan per tujuh hari, masa transisi di Malang Raya diperpanjang lagi selama sepekan sejak hari Minggu kemarin.


Editor : Umaya Khusniah