Mahasiswa Perlu Tahu, Begini Langkah Perencanaan Karier agar Sukses di Dunia Kerja

Neneng Zubaidah ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 03:32:00 WIB
Mahasiswa Perlu Tahu, Begini Langkah Perencanaan Karier agar Sukses di Dunia Kerja
Ilustrasi dunia kerja. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Merencanakan karier merupakan salah satu hal yang seharusnya dilakukan sejak dini. Untuk itu, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni Universitas Airlangga (DPKKA UNAIR) menggelar webinar Airlangga Career Club bertajuk Step Up Your Career Plan.

Menghadirkan pembicara yakni Ahmad Musafa, acara tersebut mengulas mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam merencanakan karier.

“Awalnya paling tidak kita harus mengenal diri sendiri melalui refleksi diri atau self reflection,” ujar MED Musafa-sapaan akrabnya dikutip dari laman resmi UNAIR di unair.ac.id, Selasa (19/10/2021).

Dia mengatakan, ada cara yang berbeda dalam merefleksikan diri masing-masing. Sebab dengan memahami kebutuhan diri, hal itu dapat membantu untuk mengenali diri melalui proses refleksi.

“Refleksikan dirimu sendiri, ketahuilah nilai dalam dirimu, pahami bakat-bakat dan minatmu, serta pikirkan sedini mungkin,” kata MED yang merupakan human resource di Tata Consultancy Services.

Setelah mengenali diri melalui proses refleksi, MED menganjurkan untuk membuat goal setting (menetapkan tujuan karier). Dalam goal setting, tulis mengenai hal-hal yang ingin dicapai. Goal setting merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membentuk perencanaan karier.

MED menyarankan agar dapat menetapkan goal setting melalui pemahaman SMAR akronim dari specific, measurable, attainable, relevant and timebound.

“Kemudian dan yang paling penting mengembangkan perencanaan karier atau develop a plan. Karena bagaimana pun tujuan tanpa perencanaan akan hanya menjadi harapan,” ucapnya.

Dia melanjutkan, harus memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri, serta memiliki kemampuan untuk menghadapinya. Hal itu akan membantu dalam mengevaluasi diri dan melakukan pengembangan terhadap perencanaan karir. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: