Kisah Kerajaan Kediri yang Makmur, Punya Ribuan Pegawai untuk Catat Penghasilan Istana

Avirista Midaada · Sabtu, 24 September 2022 - 06:15:00 WIB
Kisah Kerajaan Kediri yang Makmur, Punya Ribuan Pegawai untuk Catat Penghasilan Istana
Ilustrasi Kerajaan Kediri

SURABAYA, iNews.id - Kerajaan Kediri terkenal kaya dan masyarakatnya sejahtera. Bahkan, saking kayanya, pihak istana memiliki banyak pejabat di daerah-daerah yang berugas mencatat penghasilan kerajaan. 

Di mana itu, Kerajaan Kediri menggantungkan ekonominya dari sisi agraris maritim. Banyak dari masyarakat Kediri, menggantungkan sumber pemasukan ekonominya dari usaha perdagangan, peternakan, dan pertanian untuk masyarakat yang hidup di daerah pedalaman. 

Sedangkan, masyarakat yang berada di pesisir, hidupnya bergantung pada perdagangan dan pelayaran. Mereka telah mengadakan hubungan dagang dengan Maluku dan Sriwijaya. Hal ini sebagaimana digoreskan Soedjipto Abimanyu, pada bukunya "Babad Tanah Jawi".

Sejak awal kerajaan berdiri Kediri terkenal sebagai daerah penghasil beras, kapas, dan ulat sutra. Kerajaan Kediri cukup makmur, hal ini terlihat pada kemampuan kerajaan yang memberikan penghasilan tetap pada para pegawainya, kendati hanya dibayar dengan hasil bumi. 

Pemerintahan Kediri kala itu sangat memperhatikan keadaan rakyatnya. Sehingga pertanian, perdagangan, dan peternakan mengalami kemajuan yang cukup pesat. Tercatat Kediri memiliki 300 lebih pejabat yang mencatat dan mengurus semua penghasilan kerajaan.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: