Kisah Jayanegara, Raja Berjuluk Kala Gemet karena Perilakunya Buruk dan Sakit-Sakitan

Avirista Midaada · Rabu, 25 Januari 2023 - 07:27:00 WIB
Kisah Jayanegara, Raja Berjuluk Kala Gemet karena Perilakunya Buruk dan Sakit-Sakitan
Raja Jayanegara berperilaku buruk dan sakit-sakitan, sehingga dia dijuluki Kala Gemet.(ilustrasi).

SURABAYA, iNews.id - Raja Majapahit Jayanegara ternyata punya julukan yang sangat jelek, yakni Kala Gemet, yang berarti penjahat lemah atau orang lemah yang jahat. Julukan itu tersemat karena perilaku Jayanegara yang buruk dan sakit-sakitan. 

Sebagai pemimpin yang oportunis dan kerap sewenang-wenang, Jayanagara kerap kali tak bisa mendengarkan pendapat pejabat istana, apalagi para rakyatnya. Maka tak ayal muncul julukan Kala Gemet bagi raja kedua Majapahit ini. 

Sebutan ini dikatakan Prof. Slamet Muljana pada "Menuju Puncak Kemegahan : Sejarah Kerajaan Majapahit", sebenarnya hanya dikenal dalam Kakawin Pararaton dan Kidung Rangga Lawe, tapi dikenal namanya dalam piagam dan Kakawin Nagarakretagama. 

Dalam Nagarakretagama hanya dikenal namanya, Jayanagara, dan nama itu terang bukan nama abiseka, namun memang nama kecil dari tokoh yang bersangkutan. Dalam piagam Kudadu yang dikeluarkan pada tahun Saka 1216 atau tahun Masehi 1294, telah disebut nama sri Jayanagara. Pada waktu itu, tokoh tersebut baru berumur satu atau dua tahun. 

Jadi, nama Jayanagara bukanlah nama abiseka. Namun, Pararaton menyebutnya Kala Gemet yang berarti "penjahat lemah" atau "orang lemah yang jahat”. Tentu yang memberikan nama Kala Gemet pada Kidung Rangga Lawe yakni pengarangnya sendiri.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: