Begini Kondisi dan Tatanan Rumah di Kompleks Ibu Kota Kerajaan Majapahit Era Hayam Wuruk

Avirista Midaada · Rabu, 25 Januari 2023 - 07:01:00 WIB
Begini Kondisi dan Tatanan Rumah di Kompleks Ibu Kota Kerajaan Majapahit Era Hayam Wuruk
Keraton atau Istana Kerajaan Majapahit menurut narasi Nagarakretagama (Istimewa)

MALANG, iNews.id - Kondisi permukiman di era Kerajaan Majapahit mulai sedikit terungkap. Di era Kerajaan Majapahit terutama ketika Hayam Wuruk bertahta, ternyata desain kompleks istana dan perumahan di sekitarnya menakjubkan. 

Bahkan uraian ini bisa jelas disebutkan di Kakawin Nagarakretagama, yang termuat pada "Menuju Puncak Kemegahan : Sejarah Kerajaan Majapahit", dari karangan Prof. Slamet Muljana. Disebutkan rumah-rumah penduduk di era Kerajaan Majapahit berada di sekeliling istana luar. 

Istana sebelah utara di belakang paseban tempat tinggal rani Kahuripan bersama sri nata Kretawardana. Istana sebelah timur jauh dari pintu pertama adah istana sri nata Rajasanagara. Istana sebelah selatan adalah istana saudara perempuan sri nata, yakni rani Pajang bersama suaminya Singawardana, raja Paguhan. 

Sementara di sebelah barat laut istana Majapahit, berdiri beberapa bangunan tempat tinggal menteri, yang bertindak sebagai sesepuh panangkil, atau orang yang mengetuai orang - orang yang menghadap. 

Di sebelah selatan adalah rumah tinggal para abdi dalem raja Paguhan, yang terus menerus menghadap. Bagian ini terletak antara dua jalan, yakni jalan dari timur ke jurusan barat dan dari utara ke jurusan selatan.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: