Kisah Hayam Wuruk Jatuh Cinta dengan Perempuan Cantik Sang Putri Raja Sunda 

Avirista Midaada · Selasa, 17 Mei 2022 - 06:30:00 WIB
Kisah Hayam Wuruk Jatuh Cinta dengan Perempuan Cantik Sang Putri Raja Sunda 
Prabu Hayam Wuruk dan Dyah Pithaloka Citrarasmi (ilustrasi).

SURABAYA, iNews.id - Hayam Wuruk naik tahta menjadi Raja Majapahit di usia yang muda. Suatu ketika sang raja ini dibuat jatuh cinta dengan kecantikan putri Raja Sunda. 

Konon saat naik menjadi raja itulah Hayam Wuruk masih berstatus lajang atau belum menikah. Hal ini membuatnya berusaha pasangan atau sang permaisuri saat menjadi raja di Majapahit.

Dikisahkan, kecantikan putri Raja Sunda bernama Dyah Pitaloka Citraresmi ini sudah tersohor di se-antero Pulau Jawa kala itu. Apalagi saat itu Hayam Wuruk yang jomblo tengah mencari istri dan pasangan hidup yang mendampinginya. 

Sebagaimana dikutip dari buku "Perang Bubat 1279 Saka : Membongkar Fakta Kerajaan Sunda vs Kerajaan Majapahit" dari karya Sri Wintala Achmad, Hayam Wuruk kemudian memerintahkan beberapa juru gambar menuju kerajaan-kerajaan bawahan dan kerajaan tetangga.

Tujuannya satu mereka memgemban misi untuk melukiskan putri-putri cantik dari kalangan kerajaan bawahan dan kerajaan tetangga untuk ditunjukkan ke Maharaja Hayam Wuruk. Harapannya apabila ada salah satu gambar yang menarik, Hayam Wuruk akan menjatuhkan pilihan.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: