Ketua DPRD Jatim Minta Pemprov Percepat Vaksinasi Covid-19 bagi Guru

Lukman Hakim · Rabu, 07 April 2021 - 06:33:00 WIB
Ketua DPRD Jatim Minta Pemprov Percepat Vaksinasi Covid-19 bagi Guru
Ketua DPRD Jawa Timur (Jatim), Kusnadi (Foto: iNews/Lukman Hakim)

SURABAYA, iNews.id - Ketua DPRD Jawa Timur (Jatim), Kusnadi meminta percepatan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik, utamanya guru harus segera dilakukan. Saat ini, baru 20 persen guru di Jatim yang sudah divaksin.

Menurutnya, pembelajaran tatap muka (PTM) di Jatim harus segera dilakukan, meski dengan catatan harus ada pemberlakuan batasan siswa dan penerapan protokol kesehatan. 

“Saya minta segera ada koordinasi,” kata Kusnadi, Selasa (6/4/2021).

Ketua DPD PDIP Jatim ini menambahkan, percepatan vaksinasi untuk tenaga produktif seperti guru harus segera dilakukan. Apalagi, tahun ajaran baru Juli 2021 semakin dekat.

“Secepatnya harus segera dilakukan. Tentu untuk kelancaran PTM nantinya,” ucapnya.  

Melansir data kemdikbud.go.id di Jatim saat ini ada 423.931 guru mulai dari PAUD hingga Sekolah Menengah. Jumlah itu terbagi 136.171 laki-laki dan 287.760 perempuan. 

“Kami menargetkan, para tenaga pendidik dan tenaga penunjang kependidikan, sudah divaksin dua kali sebelum pembukaan tahun ajaran baru,” kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak.

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, pihaknya terus mendorong vaksinasi di Jatim. Tidak hanya bagi guru, tetapi juga bagi pelayan publik, warga lanjut usia, dan masyarakat pada umumnya. Emil berharap pasokan vaksin ke Jatim bisa lancar, sehingga target-target yang ditetapkan bisa tercapai. 

“Meski nantinya para guru telah seluruhnya divaksin, bukan berarti risiko penularan Covid-19 hilang. Namun, setidaknya itu dapat mengurangi kerentanan penularan,” ujar Emil.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2