Kapolri Perintahkan Polda Segera Bentuk Tim Pemberantasan Premanisme dan Pungli

Rahmat Ilyasan · Jumat, 11 Juni 2021 - 21:04:00 WIB
Kapolri Perintahkan Polda Segera Bentuk Tim Pemberantasan Premanisme dan Pungli
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono. (Foto: Ist)

SURABAYA, iNews.idKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajaran Polda segera membentuk tim khusus pemberantasan premanisme dan pungutan liar (Pungli). 

Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat berkunjung ke Humas Polda Jatim, Jumat (11/6/2021). 

“Bapak Kapolri menginstruksikan seluruh jajaran polda seluruh Indonesia segera membentuk tim untuk menindak tegas aksi premanisme yang kerap meresahkan sopir truk di wilayahnya masing masing,” kata Argo.

Saati ini, kata dia, Polri juga bergerak cepat dengan menangkan sedikitnya 49 preman yang yang kerap melakukan aksi pungutan liar terhadap sopir truk kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok. 

Para pelaku ditangkap di dua lokasi berbeda dan saat ini tengah diperiksa secara intensif.

"Selain di Jakarta, operasi premanisme juga akan dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Suratnya ke Kapolda-Kapolda segera dikirim," ucapnya.

Dia mengatakan aparat bergerak cepat setelah Presiden Joko Widodo datang ke Pelabuhan Tanjung Priok dan berdialog dengan pekerja di sana pada Kamis (10/6/2021).

"Para sopir truk di sana mengaku diperas dan dipaksa memberi pungutan liar. Pak Presiden kemudian langsung menghubungi Kapolri," tutur dia.

Berdasarkan keterangan para korban, para sopir diminta pungutan liar di setiap titik proses pengangkutan barang hingga ke pelabuhan.

"Operasi premanisme akan dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya dalam momentum tertentu. Tentunya ini bagian dari tugas pokok Polri," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki