Kapal Nelayan Terbakar, 16 ABK Selamat setelah Beberapa Jam Mengapung di Tengah Laut

Pipiet Wibawanto · Jumat, 16 April 2021 - 20:35:00 WIB
Kapal Nelayan Terbakar, 16 ABK Selamat setelah Beberapa Jam Mengapung di Tengah Laut
Asap hitam membubung tinggi saat kapal nelayan terbakar di perairan Laut Jawa, Kamis (15/4/2021). (istimewa).

TUBAN, iNews.id - Kapal nelayan Bintang Jaya Mandiri terbakar di laut Jawa, Bangka Belitung, Kamis (16/4/2021). Beruntung, 16 anak buah kapal (ABK) berhasil selamat setelah melompat dan mengapung beberapa jam di tengah laut. 

Berdasarkan video amatir, kepulan asap hitam membubung tinggi. Sementara api membakar seluruh badan kapal. Beruntung, saat api berkobar, Kapal MT Queen Majesty jurusan Tuban melintas dan memberi pertolongan kepada 16 ABK yang sudah mengapung di tengah laut. 

Evakuasi seluruh nelayan ini di lakukan dengan menggunakan perahu karet. Setelah seluruhnya di evakuasi, 16 nelayan ini kemudian dibawa ke Pelabuhan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama, PT TPPI di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Tuban. 

Jumat sore tadi, Kapal MT Queen Majesty tiba di Pelabuhan TPPI. Sebanyak 16 nelayan asal Indramayu, Subang dan Brebes kemudian dibawa petugas ke daratan untuk dicek kondisi kesehatannya. 
 
Menurut salah satu ABK, Riswandi, kebakaran kapalnya terjadi pada Kamis (15/4/2021) siang. Saat itu percikan api muncul dari ruang mesin dan api langsung membesar dan membakar kapal. 

Beruntung seluruh awak kapal nelayan ini berhasil selamat dengan cara menceburkan diri ke laut. Sementara kondisi kapal hangus terbakar.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2