Jelang Pilkades Serentak Tulungagung, 7.000 Personel Aparat Gabungan Disiagakan

Antara ยท Senin, 08 Juli 2019 - 22:46 WIB
Jelang Pilkades Serentak Tulungagung, 7.000 Personel Aparat Gabungan Disiagakan
Ilustrasi pengamanan. (Foto: dok iNews)

TULUNGAGUNG, iNews.id – Sedikitnya 7.000 personel gabungan unsur Polri, TNI dan Linmas dikerahkan untuk mengamankan kegiatan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2019 di Tulungagung, Jawa Timur. Ajang pesta demokrasi ini akan digelar Selasa (9/7/2019).

'Hari ini (personel gabungan) langsung kami tempatkan ke wilayah-wilayah yang sudah ditentukan," ujar Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar, seusai Apel Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak 2019 di lapangan GOR Lembupeteng Tulungagung, Senin (8/7/2019).

Dia menjelaskan, pasukan keamanan yang terlibat tak hanya dari lingkup jajaran Polres dan Kodim 0807 Tulungagung. Tetapi juga berasal dari jajaran Polres dan Kodim di Jatim.

Dari unsur Polri misalnya, ada 23 polres jajaran yang mengirimkan personel untuk membantu pengamanan. Belum lagi tambahan satuan Brimob Polda Jatim dan banyak lagi dari unsur TNI.

"Setiap desa dijaga enam hingga 15 personel. Trgantung tingkat kerawanan desa tersebut," katanya.

Selain mengamankan jalannya hari H pencoblosan hingga selesai penghitungan, personel gabungan juga akan berpatroli pengamanan wilayah pada malam jelang coblosan.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya provokasi dari kubu pendukung calon yang terlibat dalam Pilkades Serentak. Seperti politik uang, sabotase, serta potensi kecurangan yang mungkin terjadi.

Diketahui, total ada 239 desa dari 18 kecamatan di Tulungagung yang dijadwalkan menggelar Pilkades Serentak 2019. Di mana jumlah kandidat calon kepala desa sebanyak 652 orang.


Editor : Donald Karouw