Jasad Dikubur di Bawah Musala, Polisi Sebut Pelaku Mengarah pada Ibu dan Anak Surono

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 05 November 2019 - 16:41 WIB
Jasad Dikubur di Bawah Musala, Polisi Sebut Pelaku Mengarah pada Ibu dan Anak Surono
Polisi menyaksikan pekerja yang membongkar lantai di musala rumah Surono, Dusun Juroju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jatim, Senin (4/11/2019). (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Identitas pelaku pembunuhan Surono, pria yang dikubur di musala rumahnya di Dusun Juroju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), mulai terungkap. Hasil pemeriksaan saksi-saksi dan bukti di tempat kejadian perkara (TKP), pelaku mengarah pada istri dan anak korban, Busani dan Bahar.

Meski begitu, polisi belum menetapkan ibu dan anak tersebut sebagai tersangka. Selain karena masih memerlukan keterangan tambahan, polsi juga mengumpulkan bukti untuk mendapatkan konstruksi hukum atas kasus tersebut.

“Dari hasil bukti dan keterangan saksi, sudah mengarah pada pelaku, yaitu istri dari korban, Busani dan anaknya. Namun, kami masih lakukan periksa terhadap dua saksi untuk meyakinkan motif maupun peran dari masing-masing pelaku,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (5/11/2019).

Barung menambahkan, untuk memastikannya, polisi masih melakukan pendalaman. Upaya ini dilakukan untuk mencari tahu motif pembunuhan dalam keluarga tersebut. “Ada dugaan karena dendam dan warisan, tetapi ini masih diselidiki,” katanya.

Barung mengatakan, sampai saat ini polisi sudah memeriksa lima orang saksi dalam kasus ini. Mereka antara lain Busani, istri korban, Bahar yang merupakan anak laki-laki korban, suami siri Busani bernama Jumarin, serta dua orang warga.

Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal sebelumnya mengatakan, polisi bekerja sama dengan tim DVI Polri telah memeriksa kondisi jasad Surono yang ditemukan setelah musala di rumah tersebut dibongkar petugas.

Hasilnya, polisi menduga Surono sebagai korban pembunuhan. Sebab, ada luka di tubuh korban akibat hantaman benda tumpul. "Untuk luka, tubuh korban seperti ada luka akibat benda tumpul," kata Alfian.

Polisi juga telah mengamankan barang bukti dari TKP, di antaranya sebuah linggis seberat 10 kilogram (kg) dengan panjang 50 sentimeter. Namun untuk kepastiannya, polisi akan menunggu hasil autopsi dari tim medis.


Editor : Maria Christina