Jalan Pertobatan Mantan Anggota DPRD Terjerat Korupsi: Dipenjara Ingat Kematian

Avirista Midaada ยท Kamis, 07 April 2022 - 04:09:00 WIB
Jalan Pertobatan Mantan Anggota DPRD Terjerat Korupsi: Dipenjara Ingat Kematian
Asia Iriani, mantan anggota DPRD Malang yang terjerat korupsi menemukan jalan pertobatan saat menjalani penahanan di Lapas Wanita Kelas IIA Malang. (Foto: Avirista Midaada / MPI)

MALANG, iNews.id - Bulan Ramadan menjadi kesempatan setiap manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah dan bertobat. Tak terkecuali yang dialami mantan anggota DPRD Malang Asia Iriani yang kini menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Kelas II A Malang.

Menurutnya, momen Ramadan menjadi salah satu yang ditunggu banyak orang, termasuk dirinya. Selama Ramadan inilah, dia punya kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Selama menjalani tahanan di sini banyak manfaat yang saya rasakan. Mungkin di luar karena kita terlalu sibuk dengan urusan kantor dan kemasyarakatan sehingga banyak kegiatan keagamaan yang lalai saya lakukan, apalagi saat Ramadan," ujar Asia Iriani saat ditemui di Lapas Perempuan saat kegiatan tadarus Alquran, Rabu (6/4/2022). 

Perempuan yang juga mantan anggota DPRD Kota Malang ini mengisahkan, bagaimana dia terjerat kasus suap yang juga menyeret 40 rekannya sesama anggota DPRD periode 2014-2019 lalu. Kini dia memulai hidup baru di Lapas Perempuan Kelas II A Malang dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Maka itu mungkin Allah masih menyayangi kami sehingga kami ditegur dengan cara mungkin kasusnya Tipikor (Tindak Pidana Korupsi), tapi sebenarnya Allah mau mengingatkan kami sudah saatnya kembali ke jalan Allah dan selama kami mengikuti tadarus di Lapas ini," katanya. 

Menurutnya, selama jadi warga binaan satu hal yang membuat dia merasa kehilangan dan tak ada apa-apa layaknya telah meninggal dunia, yakni ketidakhadiran keluarga di sisinya. Kondisi di dalam Lapas yang terbatas berinteraksi dengan orang di luar, termasuk keluarga menjadi sebuah hal yang ingin dicapainya ketika suatu saat nanti bebas. Apalagi Ramadan ini merupakan tahun ketiganya dia berada di dalam Lapas dan berpisah dengan keluarga. 

"Seperti ibaratnya saya ini orang yang sudah mati. Kalau sudah mati berarti yang kita harapkan doa dari keluarga. Jadi sebenarnya penjara ini mengingatkan kita kepada hari kematian dan juga hari-hari akhir kita," kata mantan anggota Komisi B DPRD Kota Malang tersebut. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: