Jalan Antarkecamatan di Mojokerto Amblas Sepanjang 20 Meter akibat Erosi Sungai

Tritus Julan · Rabu, 07 April 2021 - 20:57:00 WIB
Jalan Antarkecamatan di Mojokerto Amblas Sepanjang 20 Meter akibat Erosi Sungai
Jalan penghubung antarkecamatan di Mojokerto amblas sepanjang 20 meter. (Foto: SINDOnews/Tritus Julan)

MOJOKERTO, iNews.id - Erosi Sungai Marmoyo mengancam jalan raya di Dusun Bolorejo, Desa Mojojajar, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. Jalan antarkecamatan itu saat ini amblas sepanjang 20 meter. 

Tak hanya itu, erosi Sungai Marmoyo juga mengancam sejumlah rumah warga di dusun tersebut. Salah satunya milik Murni. Fondasi rumah perempuan berusia 57 tahun itu rusak parah akibat tergerus aliran Sungai Marmoyo.

Warga sekitar, Johan (35) mengatakan, jalan amblas sekitar satu bulan lalu. Kondisi ini kian bertambah parah setelah dua hari lalu debit air Sungai Marmoyo meningkat drastis akibat curah hujan yang tinggi.

"Separuh jalan ambles terkena air hujan dan tergerus Sungai Marmoyo tidak bisa dilewati kendaraan. Panjangnya kurang lebih 20 meter dan sudah memakan badan jalan selebar 2,5 meter," kata Johan, Rabu (7/4/2021).

Jalan tersebut amblas lantaran aliran sungai langsung menggerus sebagian bahu jalan. Sebab, di sepanjang aliran sungai di dusun tersebut tidak ada tembok penahan tanah. Saat debit air tinggi, aliran sungai pun menggerus bahu jalan.

"Pada bagian sisi jalan tidak ada plengsengan sehingga batangan beton ambrol. Mestinya saat pembangunan juga disertai tembok penahan tanah biar kalau terkena arus sungai tidak langsung ke bahu jalan," katanya.

Dia sempat ketar-ketir tempat usaha bengkel motor miliknya yang berada persis di bantaran Sungai Marmoyo sewaktu-waktu ambrol. Lantaran sebagian fondasi bengkel juga sudah mengalami kerusakan akibat tergerus air sungai.

"Ya takut kalau tiba-tiba tempat bengkel ikut ambrol. Maka itu sebagian barang sudah kami pindahkan ke tempat yang aman. Sementara kita tidak pakai yang di dalam, hanya di teras luar saja," kata Johan.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2