Jalan Ambles di Ponorogo Meluas, Kendaraan Berat Dilarang Melintas

Ihya Ulumuddin, Ahmad Subekhi ยท Rabu, 03 April 2019 - 14:24 WIB
Jalan Ambles di Ponorogo Meluas, Kendaraan Berat Dilarang Melintas
Ilustrasi jalan ambles. (Foto: Dok iNews).

PONOROGO, iNewsi.id – Jalan penghubung Kabupaten Ponorongo - Pacitan di KM 227 ambles dengan kedalaman mencapai satu meter dan panjang 350 meter.

Mengantisipasi kemungkinan bahaya dan kerusakan lebih parah, Polres Ponorogo menutup akses tersebut, terutama untuk kendaraan berat. Sistem buka tutup hanya diberlakukan untuk motor dan kendaraan kecil.

"Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait atas masalah ini. Agar tidak bertambah parah, kendaraan berat tidak boleh melintas. Sementara jalur kami alihkan," kata Kanit Laka Lantas Polres Ponorogo IPTU Badri, Rabu (3/4/2019).

Badri menjelaskan, untuk kendaraan berat menuju Pacitan, dialihkan melalui Ponorogo-Purwantoro-Pacitan. Rekayasa sama juga berlaku untuk kendaraan dari arah sebaliknya.

"Kami juga sudah pasang rambu dan siagakan petugas atas pengalihan ini," katanya.

Jalan yang berada di Desa Wates, Kecamatan Slahung ini semula ambles sedalam 60 sentimeter, dan panjang 150 meter. Namun, kini bertambah kedalaman dan juga panjangnya.

Sementara itu, upaya perbaikan terus dilakukan. Pagi tadi misalnya Dinas PU Binamarga Kabupaten Ponorogo menambal retakan dan patahan jalan menggunakan semen.

"Perbaikan sementara ini dilakukan agar kerusakan tidak bertambah parah," kata petugas di lokasi perbaikan jalan.

Sebelumnya, akses penghubung Jawa Timur - Jawa Tengah ini ambles akibat gerusan air hujan. Derasnya aliran air mengakibatkan jalan retak dan patah. Sistem buka tutup diberlakukan bagi kendaraan yang melintas di jalur ini.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal