Jaga Habitat, Alap-Alap Tikus 'Elanus Caeruleus' Dilepasliarkan di Hutan Pacet 

Sholahudin · Senin, 04 Januari 2021 - 21:07:00 WIB
Jaga Habitat, Alap-Alap Tikus 'Elanus Caeruleus' Dilepasliarkan di Hutan Pacet 
Alap-Alap Tikus 'Elanus Caeruleus' Dilepsliarkan di Hutan Pacet, Kabupaten Mojokerto , Minggu (3/1/2021). (Foto: iNews.id/Sholahudin)

MOJOKERTO, iNews.id - Seekor Elanus Caeruleus berwarna putih abu-abu dilepasliarkan usai dibeli dari salah satu penjual hewan di Kabupaten Mojokerto. Burung yang dikenal dengan sebutan alap-alap tikus ini dilepaskan di alam bebas di kawasan hutan Pacet, Kabupaten Mojokerto. 

Pelepasan burung yang dikenal gemar memakan tikus sawah ini dilepas oleh Relawan Welirang Komuniti Danramil Pacet Kapten lutfi dan dari perwakilan polsek pacet. 

Ketua Welirang Komuniti Nuruddiyan Kholiq, mengatakan pihaknya sengaja melepasliarkan salah satu jenis hewan yang dilindungi itu untuk kembali ke habitatnya. 

Hewan yang termasuk predator ini berumur dua bulan saat awal dilakukan penangkaran oleh komunitas peduli lingkungan di Dusun Sumberbendo, Desa Candiwatu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. 

"Kali ini hanya satu ekor elang saja. Kami dapat dari penjual burung. Kami beli karena kalau kita biarkan hanya pindah tangan-tangan saja," ucap delta panggilan akrab ketua Relawan Welirang Komuniti ini, Senin (4/1/2021)

Delta menyebut hewan yang dikenal dengan sebutan elang tikus ini menjalani penangkaran di tempatnya selama satu bulan lamanya bersama tiga ekor lainnya yang sudah dilepas liarkan terlebih dahulu secara bertahap.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: