Hujan Deras Guyur Ponorogo akibatkan Jalan Provinsi Ambles dan Retak

Ahmad Subekhi ยท Senin, 17 Februari 2020 - 12:44 WIB
Hujan Deras Guyur Ponorogo akibatkan Jalan Provinsi Ambles dan Retak
Kondisi jalan di Ponorogo, Jatim yang retak dan amblas. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.idJalan provinsi di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) ambles akibat guyuran hujan deras yang melanda beberapa waktu belakangan. Permukaan jalan tidak rata dan terjadi retakan karena bagian bawah longsor tergerus air.

Kondisi ini terjadi di Jalan Raya Jurusan Pacitan, Kilometer 227 tepatnya di Desa Wates, Kecamatan Slahung, Ponorogo. Retakan terjadi memanjang sekitar 200 meter, sebagian jalan sudah amblas setinggi dua sentimeter, bahkan sisi kiri jalan terjadi patahan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono mengatakan retakan ini terjadi sejak April tahun 2019 dan sudah ditambal. Namun hujan deras yang terus terjadi beberapa hari terakhir kembali memicu terjadi pergeseran tanah.

“Permukaan jalan yang sudah ditambal dan rekatan yang sudah ditutup, kembali retak dan ambles,” katanya, Minggu (16/2/2020).

Dia menduga, hujan deras dan banjir menyebabkan pondasi bagian bawah tergerus air dan longsor, hingga pondasi jalan terputus. Warga diimbau waspada saat melintas karena pemukaan jalan yang tidak rata.

“Kontur tanah mudah longsor, tiap musim hujan ada pergeseran tanah. Untuk pengguna jalan supaya hati-hati,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah