Hari Raya Kurban, Pemprov Jatim Sebar 1.276 Juleha ke Masjid hingga Pesantren

Ihya Ulumuddin ยท Senin, 27 Juni 2022 - 18:55:00 WIB
Hari Raya Kurban, Pemprov Jatim Sebar 1.276 Juleha ke Masjid hingga Pesantren
Gubernur Khofifah mengecek kondisi hewan kurban. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyiapkan 1.276 juru sembelih halal (Juleha) untuk menyambut Idul Kurban. Ribuan juleha tersebut akan disebar ke berbagai pondok pesantren (Ponpes), masjid, musala dan lembaga di Jatim yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan para Juleha tersebut telah mendapatkan pelatihan, pengarahan dan sertifikasi, sehingga siap memotong hewan kurban pada Idul Adha mendatang. 

"Di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, kami ingin memastikan bahwa masyarakat Jatim bisa beribadah dengan baik, utamanya ketika salat Idul Adha dan dapat melakukan penyembelehan hewan kurban. Karena itu proses penyembelihan sampai penyaluran hewan kurban bisa aman dan higienis," kata Khofifah di sela-sela pelantikan rektor Universitas Brawijaya Malang, Senin (27/6/2022). 

Tak hanya itu, Khofifah juga meminta kepada bupati dan wali kota di Jatim untuk mengecek dan memantau penjualan hewan kurban di pinggir-pinggir jalan. Hal itu diperlukan untuk memastikan bahwa hewan tersebut sehat dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban. 

Gubernur Khofifah mengatakan, penting bagi kepala daerah bisa mengambil kebijakan untuk mempersiapkan titik sentra penjualan hewan kurban yang sehat dan tidak terindikasi adanya penyakit PMK. "Kami terus berupaya memberikan rasa aman kepada masyarakat, khususnya bagi umat Islam yang akan merayakan Hari Raya Idul Adha, baik saat salat Idul Adha maupun saat pelaksanaan kurban tahun ini," katanya. 

Karena itu dia mengimbau umat Islam untuk membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteria. Selain itu menjaganya agar tetap dalam keadaan sehat hingga hari penyembelihan. 

Bagi umat Islam yang berniat berkurban dan berada di daerah wabah atau terluar dan daerah terduga PMK, diimbau untuk melakukan penyembelihan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: