Harga Rajungan di Lamongan Terjun Bebas, Ini Sebabnya 

Abdul Wakhid · Kamis, 26 Mei 2022 - 22:28:00 WIB
Harga Rajungan di Lamongan Terjun Bebas, Ini Sebabnya 
Harga rajungan di Lamongan terjun bebas. (Foto: iNews.id/Abdul Wakhid).

LAMONGAN, iNews.id - Harga rajungan di pasaran terjun bebas dalam beberapa hari terakhir. Turunnya harga tersebut diduga terkait dengan inflasi yang terjadi di Amerika sebagai negara pengimpor.

Sejumlah pengusaha atau penyuplai rajungan di Lamongan Jawa Timur (Jatim) terpaksa tak mengambil keuntungan agar nelayan tak merugi dan tetap bisa bekerja.
"Untuk sementara kami tidak mengambil profit dulu, artinya profit itu biarkan diambil oleh nelayan dulu, yang penting kita bisa jalan, sembari menjaga irama pemasokan," ujar salah satu pelaku bisnis rajungan di Paciran, Diki Utomo, Kamis (26/5/2022).

Menurut Diki, untuk saat ini harga rajungan hanya berkisar Rp40.000 per kilogram. Padahal, sekitar 6 bulan yang lalu, kata Diki, harga rajungan mencapai Rp130.000. Sedangkan untuk daging rajungan hasil kupasan hanya berkisar Rp160 000 per kilogram. 

Dengan kondisi tersebut, nelayan rajungan di Paciran akan sangat terdampak jika para pengusaha masih memaksakan untuk mengambil keuntungan.

"Kami tidak memaksakan diri. Kami juga mendengarkan keluhan nelayan. Artinya dengan harga segitu yang penting kami masih bisa bertahan dulu dan nelayan bisa dapat keuntungan, serta tetap bisa menjalankan aktivitas kerjanya," katanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: