Hamil 8 Minggu, Calon Jemaah Haji Asal Nganjuk Batal Berangkat

Lukman Hakim · Sabtu, 11 Juni 2022 - 19:26:00 WIB
Hamil 8 Minggu, Calon Jemaah Haji Asal Nganjuk Batal Berangkat
Calon jemaah haji asal Nganjuk batal berangkat karena hamil.(Rus Akbar/MNC Portal)

SURABAYA, iNews.id - Calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Nganjuk batal berangkat ke tanah suci karena hamil. Perempuan berinisial S (35) itu diketahui hamil berdasarkan pemeriksaan urine untuk wanita usia subur yang dilakukan oleh petugas kesehatan saat kedatangan jemaah haji kloter 10 pada Jumat (10/6/2022). 

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Husnul Maram mengatakan, usia kehamilan S saat ini sudah menginjak 8 minggu. Berdasarkan Permenkes Nomor 15 Tahun 2016 tentang istithaah kesehatan jemaah haji disebutkan, wanita hamil yang diprediksi usia kehamilannya pada saat keberangkatan kurang dari 14 minggu atau lebih dari 26 minggu ditetapkan tidak memenuhi istithaah kesehatan. 

"Karena tidak memenuhi istithaah kesehatan jemaah haji, maka jemaah haji tersebut ditunda keberangkatannya tahun ini," kata Maram, Sabtu (11/6/2022).

Maram menambahkan, jemaah haji yang hamil tersebut awalnya berangkat haji bersama suami. Menimbang beberapa hal, akhirnya sang suami tetap melanjutkan berangkat ibadah haji. "Sementara sang istri akhirnya diantar kembali ke rumah domisili," katanya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: