Gus Zaki Meninggal, Gugus Tugas Jombang: Kami Belum Terima Hasil Rapid Test

Okezone.com, Avirista Midaada ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 14:30 WIB
Gus Zaki Meninggal, Gugus Tugas Jombang: Kami Belum Terima Hasil Rapid Test
Gus Zaki meninggal dunia Rabu 1 Juli 2020 malam. (Foto: Istimewa)

JOMBANG, iNews.id – Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hasyim Asy'ari, yaitu KH Ahmad Zaki Hadziq (Gus Zaki) dikabarkan meninggal dunia karena reaktif Covid-19. Gugus Tugas Covid-19 Jombang, Jawa Timur (Jatim) belum menerima laporan resmi hasil rapid test.

"Belum ada laporan, kami masih melakukan koordinasi dengan RSUD Jombang maupun dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait hal ini," ujar
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jombang, Budi Winarno, Kamis (2/7/2020).

Sebelumnya dikabarkan hasil rapid test Gus Zaki reaktif Covid-19 sebelum akhirnya meninggal dunia. Mengenai hal ini, Budi mengaku belum bisa memberikan penjelasan.

"Kami belum bisa memberikan keterangan, artinya kepastian apakah beliau (Gus Zaki) kena DB (Demam Berdarah) atau terpapar Covid-19, itu masih dalam pembahasan dari tim RSUD dan Dinkes," katanya.

Meski demikian berdasarkan laporan yang diterima Budi, Gus Zaki telah dimakamkan dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

"Untuk meminimalisir dugaan yang tidak-tidak tetap menggunakan protokol kesehatan. Pemulasaran jenazah juga sesuai protokol Covid-19," katanya.

Sebelumnya dikabarkan Gus Zaki meninggal dunia pada Rabu 1 Juli 2020 malam. Pimpinan Wilayah Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Nahdatul Ulama (NU) Jatim itu sempat menjalani perawatan di RS NU.

Selanjutnya, Gus Zaki dirujuk ke RSUD Jombang. Di RS ini Gus Zaki dua kali rapid test.


Editor : Umaya Khusniah