Gus Zaki Dimakamkan di Kompleks Ponpes Tebuireng dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Mukhtar Bagus ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 12:22 WIB
Gus Zaki Dimakamkan di Kompleks Ponpes Tebuireng dengan Protokol Kesehatan Covid-19
Jenazah Gus Zaki dibawa menggunakan mobil ambulan BPBD Jombang dengan standar Covid-19, Kamis (2/7/2020).(foto: iNews.id/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id – Pemakaman jenazah KH Ahmad Zaki Hadziq (Gus Zaki) berlangsung haru. Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari itu dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Kamis (2/7/2020) dini hari, satu lokasi dengan makam Gus Dur.

Sesuai rencana, proses pemakaman dilakukan sesuai standar Covid-19. Begitu tiba dengan mobil ambulan milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang, jenazah langsung dibawa petugas dengan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap ke permakaman. Sedangkan keluarga almarhum dan pelayat mengiring dari kejauhan.

Informasi yang dihimpun, Gus Zaki meninggal setelah dirawat di RSUD Jombang karena mengalami batuk dan demam. Hasil rapid test menyebutkan Gus Zaki reaktif Covid-19.

Kakak almarhum, KH Fahmi Amrullah membenarkan kabar tersebut. Karena itu, proses pemakaman dilakukan sesuai standar Covid-19.

“Hasil rapid test pertama nonreaktif. Tetapi untuk rapid test kedua reaktif. Belum sempat swab, keburu meninggal. Maka, untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, pemakaman pakai protokol Covid-19,” katanya.

Fahmi mengatakan, awalnya Gus Zaki mengalami demam beberapa hari. Hasil pemeriksaan di klinik trombositnya drop dan dianggap suspect demam berdarah.

“Tetapi, pagi tadi (kemarin) ada batuknya, sehingga dirujuk ke RSNU Jombang. Di sana cuman difoto. Karena alatnya kurang, akhirnya dirujuk ke RSUD Jombang,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin