Gudang Pengolahan Kayu di Kediri Terbakar, Mobil Pemadam dari Kabupaten dan Kota Diterjunkan

Afnan Subagio ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:30 WIB
Gudang Pengolahan Kayu di Kediri Terbakar, Mobil Pemadam dari Kabupaten dan Kota Diterjunkan
Petugas tengah berusaha memadamkan api yang melahap gudang pengolahan kayu di Kediri, Jatim. (Foto: iNews/Afnan Subagio)

KEDIRI, iNews.id - Kebakaran hebat terjadi di gudang pengolahan kayu dan mebel di Kediri, Jawa Timur (Jatim), Senin (3/8/2020) malam. Mobil pemadam kebakaran dari Kota dan Kabupaten Kediri diterjunkan untuk memadamkan api.

Kebakaran gudang milik Sutrianto (48) ini terjadi tepatnya di Jalan Banda, Desa Gedangsewu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Diduga, api berasal dari percikan mesin pemanas kayu saat pekerja lembur.

Banyaknya material mudah terbakar dan embusan angina kencang membuat api dengan cepat membesar. Akibatnya, seluruh gudang yang dijadikan tempat penyimpanan sekaligus pengolahan bahan baku kayu mebel ekspor dengan nama PT Irian Jaya ini ludes dilahap si jago merah.

Kapolsek Pare, Iptu I Nyoman Sugita mengatakan, kebakaran terjadi saat para pekerja tengah lembur. Saksi mata mengatakan, saat kejadian, pekerja saat sedang melakukan oven bahan kayu di mesin pemanas.

“Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Terlihat kepulan asap dari mesin tersebut disertai percikan api,” katanya.

Dibantu warga dan pekerja, petugas PMK berjibaku memadamkan api yang terus membesar. Api akhirnya dapat dipadamkan pada Selasa (4/8/2020) dini hari.

“Satu mobil pemadam kebakaran dari Kota Kediri, empat dari kabupaten. Hingga pukul 23.00 WIB mobil sudah bolak balik, hingga totalnya 12 kali pemadaman,” katanya.

Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian pemilik gudang ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.


Editor : Umaya Khusniah