GP Ansor Jatim Ajak Eks FPI Bergabung: Kita Bisa Bersatu Bangun Negeri

Ihya Ulumuddin · Kamis, 31 Desember 2020 - 11:09:00 WIB
GP Ansor Jatim Ajak Eks FPI Bergabung: Kita Bisa Bersatu Bangun Negeri
Ketua PW GP Ansor Jatim Syafiq Syauqi. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Jawa Timur (Jatim) siap menampung eks anggota Front Pembela Islam (FPI) pascaorganisi kemasyarakatan (ormas) itu dibubarkan. Alasannya, mereka memiliki paham sama, ahlussunah waljamaah (Aswaja). 

"Kami siap merangkul. Kami sangat terbuka lebar dengan siapa pun. Apalagi, teman-teman FPI yang sebenarnya juga mazhabnya sama, Ahlussunnah wal Jamaah. Bahkan (mazhabnya dalam hukum Islam) Syafi'i," kata Ketua PW GP Ansor Jatim Syafiq Syauqi (Gus Syafiq) di sela acara Haul Gus Dur ke-11 di Kantor Nahdlatul Ulama Jatim, Rabu (30/12/2020) malam.

Gus Syafiq mencontohkan keterbukaan Ansor dengan satu peristiwa bergabungnya beberapa anggota FPI ke Barisan Serbaguna Ansor (Banser) di Sampang, Madura, beberapa bulan lalu setelah insiden pengadangan Ma'ruf Amin. Karena itu, menurutnya hal sama juga bisa dilakukan eks anggota FPI pascapembubaran ormas ini.

"Maka saya kira kita bisa bersama-sama, bergandengan tangan, membangun negeri ini," ujarnya.

Pemerintah telah resmi membubarkan FPI. Pembubaran itu berdasarkan keputusan bersama pejabat tinggi negara. Hal ini disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD di kantornya, Rabu (30/12/2020).  Pada penjelasannya, Mahfud menegaskan bahwa FPI dilarang melakukan segala bentuk aktivitas di Indonesia.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2