Gerbong Pembangkit Rusak, PT KAI Daop 8 Surabaya Beri Kompensasi Penumpang KA Ranggajati

Yudha Prawira ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 23:06 WIB
Gerbong Pembangkit Rusak, PT KAI Daop 8 Surabaya Beri Kompensasi Penumpang KA Ranggajati
Ratusan penumpang memadati Stasiun Gubeng, Surabaya saat arus mudik Lebaran 2019. (Foto: SINDOnews)

SURABAYA, iNews.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya memberikan kompensasi atas kejadian matinya AC di seluruh gerbong KA Ranggajati tujuan Cirebon-Surabaya.

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, kompensasi yang diberikan PT KAI yakni mengembalikan 50 persen uang tiket bagi penumpang yang masih ingin meneruskan perjalanan dengan KA Ranggajati. “Sedangkan bagi penumpang yang tidak ingin melanjutkan dengan KA Ranggajati akan diganti sebesar 100 persen,” ujarnya, Rabu (18/12/2019).

Selain langkah tersebut, kata dia, PT KAI Daop 8 Surabaya memberikan pelayanan kepada penumpang pada masa angkutan Natal dan tahun baru ini dengan mengganti mesin pembangkit listrik KA yang berfungsi menyokong suplai listrik untuk pendingin ruangan gerbong penumpang.

KA Ranggajati yang membawa sembilan rangkaian gerbong penumpang kelas eksekutif dan bisnis dengan jumlah penumpang sebanyak 645 orang mengalami gangguan pada gerbong pembangkit listrik.

Akibat kejadian itu, seluruh AC atau mesin pendingin udara tak berfungsi total. Ratusan penumpang pun dibuat kepanasan.

Penumpang KA Ranggajati, Lulu menuturkan, pendingin ruangan itu mati sejak berangkat dari Stasiun Madiun hingga Surabaya. Perjalanan KA juga terlambat satu jam akibat kejadian itu. “Jelas kecewa, karena sepanjang perjalanan kami kepanasan di dalam gerbong,” katanya.

Begitu tiba di Stasiun Gubeng Surabaya, para penumpang KA Ranggajati ini langsung berhamburan keluar dan memilih berada di luar gerbong penumpang untuk mencari udara segar.

Bagi penumpang yang memilih berada di dalam gerbong terpaksa mendinginkan badan dengan cara manual yakni menggunakan kipas tangan.


Editor : Kastolani Marzuki