Ratusan Penumpang KA Ranggajati Kepanasan akibat Gerbong Pembangkit Listrik Mati

Yudha Prawira ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 21:28 WIB
Ratusan Penumpang KA Ranggajati Kepanasan akibat Gerbong Pembangkit Listrik Mati
KA Ranggajati tujuan Cirebon-Surabaya mengalami gangguan pada gerbong pembangkit listrik. (Foto: Repro.Railway)

SURABAYA, iNews.id - Ratusan penumpang kereta api (KA) Ranggajati tujuan Cirebon-Jember harus menahan udara panas sepanjang perjalanan akibat AC di dalam gerbong mati, Rabu (18/12/2019). Peristiwa itu terjadi akibat gerbong pembangkit listrik KA tersebut rusak.

Kondisi tersebut dikeluhkan para penumpang KA kelas eksekutif karena merasa kurang mendapat pelayanan maksimal dari pihak PT KAI. Apalagi, mereka sudah membayar mahal untuk membeli tiket KA kelas eksekutif dan bisnis.

Namun sepanjang perjalanan hingga berhenti di Stasiun Gubeng Surabaya, para penumpang harus menahan panas karena seluruh AC atau pendingin ruangan mati.

Penumpang KA Ranggajati, Lulu menuturkan, pendingin ruangan itu mati sejak berangkat dari Stasiun Madiun hingga Surabaya. Perjalanan KA juga terlambat satu jam akibat kejadian itu. “Jelas kecewa, karena sepanjang perjalanan kami kepanasan di dalam gerbong,” katanya.

Begitu tiba di Stasiun Gubeng Surabaya, para penumpang KA Ranggajati ini langsung berhamburan keluar dan memilih berada di luar gerbong penumpang untuk mencari udara segar. Bagi penumpang yang memilih berada di dalam gerbong terpaksa mendinginkan badan dengan cara manual yakni menggunakan kipas tangan.

BACA JUGA:

Sepanjang Februari, Daops 8 Sajikan Pertunjukan Jazz di Stasiun Gubeng

Ubah Jadwal Keberangkatan, PT KAI Tambah Enam Kereta Api

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto meminta maaf atas kejadian tersebut. Menurut dia, meski peristiwa itu terjadi di wilayah Daop 7 Madiun, PT KAI tetap melayani keluhan dan protes dari para penumpang."Kami mohon maaf atas kejadian ini," katanya.

PT KAI Daop 8 Surabaya memberikan pelayanan kepada penumpang pada masa angkutan Natal dan tahun baru ini dengan mengganti mesin pembangkit listrik KA yang berfungsi menyokong suplai listrik untuk pendingin ruangan gerbong penumpang.

KA Ranggajati ini membawa sembilan rangkaian gerbong penumpang kelas eksekutif dan bisnis dengan jumlah penumpang sebanyak 645 orang.


Editor : Kastolani Marzuki