Gelar Apel, Masjid Al Akbar Surabaya Pastikan Ibadah Idul Adha sesuai Protokol Kesehatan

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 13:36 WIB
Gelar Apel, Masjid Al Akbar Surabaya Pastikan Ibadah Idul Adha sesuai Protokol Kesehatan
Pengurus Masjid Al Akbar dan relawan Idul Kurban menggelar apel kesiapan di Taman Asmaul Husna, Selasa (28/7/2020). (Foto: iNews/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - Pengurus Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Al Akbar menggelar apel kesiapan pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, Selasa (28/7/2020). Apel ini digelar untuk memastikan ibadah Idul Adha digelar sesuai protokol kesehatan.

“Apel ini untuk memantapkan kesiapan pelaksanaan salat Idul Adha di tengah masa pandemi seperti ini, salah satunya dengan pembatasan,” kata Ketua BPP MAS M Sudjak saat apel kesiapan di Taman Asmaul Husna Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (28/7/2020).

Sudjak mengatakan, sesuai rencana, Masjid Al Akbar melakukan pembatasan dengan sistem pendaftaran online bagi jemaah. Agar tidak membeludak, jemaah yang terdaftar juga mendapatkan kartu identitas (ID Card) salat Idul Adha.

“Hari ini semua kita persiapkan. Semua relawan juga hadir, mulai dari pengatur saf, juru sembelih halal (Juleha), petugas keamanan (TNI-Polri) serta tim pelaksana protokol Covid-19 Masjid Al Akbar,” ujarnya.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor, mengatakan, seluruh persiapan kegiatan Idul Adha sudah final. Karena itu, dia mengimbau kepada para jemaah untuk melaksanakan prosedur yang telah ditetapkan masjid.

Beberapa prosedur tersebut antara lain memastikan sudah berwudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, pastikan ID Card sudah dipakai, gunakan masker dari rumah dan siapkan sedekah ke MAS berupa uang tunai.

“Persiapan itu sudah dilakukan dari rumah atau sebelum ke masjid untuk melaksanakan salat Idul Adha dan pastikan tiba di masjid pukul 05.00-05.45 WIB,” ujarnya.


Editor : Ihya Ulumuddin