15 Orang Positif Covid-19, 130 Karyawan Pabrik Udang di Situbondo Tes Swab

Riski Amirul Ahmad ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 10:42 WIB
15 Orang Positif Covid-19, 130 Karyawan Pabrik Udang di Situbondo Tes Swab
Tes swab yang diadakan untuk karyawan pabrik udang di Situbondo, Jatim. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

SITUBONDO, iNews.idTes swab massal dilakukan pada 130 karyawan sebuah pabrik udang di Situbondo, Jawa Timur (Jatim). Sebelumnya, 15 karyawan pabrik tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Peserta yang menjalani tes swab ini merupakan kontak erat dari karyawan pabrik PT Panca Mitra Multi Perdana yang dinyatakan positif Covid-19. Pabrik tangguh binaan Polres Situbondo tersebut bergerak di bidang ekspor udang.

Tes swab dilakukan oleh petugas dari puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini dilakukan di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Senin (27/7/2020).

Meski sudah ada karyawannya yang terpapar, pabrik yang memiliki pekerja 4.500 orang ini juga tidak menutup kegiatannya. Pengelola pabrik berdalih telah meliburkan 200 karyawan yang hasil rapid testnya reaktif.

“Setelah ada yang positif, kami lakukan tracing. Orang-orang yang dekat itu kami istirahatkan 14 hari,” kata Humas PT Panca Mitra Multi Perdana, Eko Kridarso, Senin (27/7/2020).

Sementara, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu hasil tes swab yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19. Jika hasil positifnya banyak, maka dirinya akan merekomendasikan penutupan pabrik kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

“Peserta yang diswab ini berdasaran tempat kerja yang terpapar dan juga pertimbangan sif,” katanya.

Sebagai informasi, PT Panca Mitra Multi Perdana merupakan perusahaan udang terbesar di Kabupaten Situbondo. Ribuan karyawannya tak hanya datang dari kabupaten setempat namun juga dari Bondowoso, Probolinggo hingga Jember.

Sementara berdasarkan data dari Satgas Covid-19, ada 14 orang dari Bondowoso yang terpapar virus korona. Sementara satu orang lagi berasal dari Situbondo.


Editor : Umaya Khusniah