Diterjang Banjir, Jembatan Hanyut Terbawa Arus Sungai di Bojonegoro

Dedi Mahdi · Selasa, 03 November 2020 - 10:05:00 WIB
Diterjang Banjir, Jembatan Hanyut Terbawa Arus Sungai di Bojonegoro
Kondisi jembatan penghubung dua dusun di Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, yang ambruk setelah diterjang banjir, Jatim, Selasa (3/11/2020). (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.id – Jembatan darurat sepanjang 20 meter yang menjadi penghubung dua dusun di Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), ambruk diterjang banjir dan terbawa arus sungai. Akibatnya, 200 kepala keluarga yang tinggal di seberang jembatan terisolasi.

Jembatan darurat yang terbuat dari kayu dan bambu sepanjang 20 meter dengan lebar 1,5 meter ini lenyap diterjang arus sungai saat banjir bandang melanda wilayah setempat. Derasnya arus sungai membuat hampir seluruh rangka dan material jembatan tersebut hilang nyaris tidak tersisa.

Kondisi ini membuat aktivitas warga Dusun Tlawah yang tinggal di seberang jembatan lumpuh total. Warga terisolasi karena tak ada akses alternatif lain untuk beraktivitas keluar maupun masuk desa.

Saat ini, untuk dapat beraktivitas, beberapa warga nekat menyeberangi sungai berarus deras dengan cara jalan kaki. Namun karena arus sangat deras, mereka yang nekat melintas terpaksa harus kembali ke bibir sungai.

“Kejadiannya sekitar malam ke jam 01.00 WIB dini hari. Jembatan ini penghubung dusun, Dusun Tlawah dan Dusun Panjang,” kata warga, Edi Purnomo, Selasa (3/11/2020).

Editor : Maria Christina