Disbudpar Jatim Tunda Event MITF 2020 Akibat Virus Korona

Ihya Ulumuddin ยท Sabtu, 07 Maret 2020 - 02:00:00 WIB
Disbudpar Jatim Tunda Event MITF 2020 Akibat Virus Korona
Wisatawan terlihat sedang menikmati suasana di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur dari atas jeep. (Foto: Antara/Vicki Febrianto)

SURABAYA, iNews.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim menunda pelaksanaan Majapahit International Travel Fair (MITF) 2020. Rencananya, event pariwisata berskala internasional itu dilaksanakan April 2020 mendatang. Namun, karena virus korona acara terpaksa ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Rencananya MITF digelar April nanti. Tetapi, atas perkembangan isu virus korona, terpaksa kami undur. Sampai kapan, kami belum bisa pastikan,” kata Kepala Disbudpar Provinsi Jatim Sinarta, Jumat (6/3/2020).

Selain khawatir ada penularan, pihaknya juga tidak ingin event tersebut terganggu, karena banyak wisatawan atau pelaku usaha pariwisata tidak datang. Sebab, sejak virus korona mewabah, jumlah wisatawan di Jawa Timur menurun.

Sinarta mengatakan, penurunan jumlah wisatawan terjadi merata di semua destinasi. Namun, yang cukup terasa adalah kedatangan wisatawan di destinasi Gunung Bromo dan Gunung Ijen, terutama wistawan asal China.

“Kalau dari Tiongkok (kunjungan wisatawan) rata-rata sekitar 12.000 hingga 16.000 orang setahun. Kita berharap wabah ini segera berakhir, supaya tidak terlalu banyak pengaruh terhadap kedatangan wisatawan ke Jatim,” katanya.

Berdasarkan data Disbudpar Jatim, jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Jatim tahun 2019 mencapai 760.000 orang dari target 720.000  wisatawan. Sedangkan untuk wisatawan Nusantara mencapai 71 juta orang.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: