Cegah Covid-19, Warga di Sidoarjo Ini Rutin Gelar Tradisi Bakar Belerang 

Pramono Putra · Kamis, 04 Maret 2021 - 10:43:00 WIB
Cegah Covid-19, Warga di Sidoarjo Ini Rutin Gelar Tradisi Bakar Belerang 
Perangkat desa setempat menyiapkan tungku untuk tradisi membakar belerang bagi warga sekitar. (Foto: iNews.id/Pramono Putra).

SIDOARJO, iNews.id - Warga Desa Sidorejo, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo memiliki tradisi unik untuk mengusir wabah, termasuk pandemi Covid-19. Tradisi itu berupa membakar belerang di depan rumah yang diyakini bisa mengihindarkan warga dari penularan Covid-19. 

Percaya atau tidak, di saat desa lain berstatus zona merah, sampai saat ini Desa Sidorejo masih berstatus zona hijau. Bagi warga setempat, selain karena warga disiplin menjaga protokol kesehatan, mereka juga rutin melaksanakan tradisi leluhur dengan membakar belerang setiap pekan. 

Menurut mereka tradisi membakar belerang sudah ada sejak desa itu berdiri dan berlangsung turun temurun. Berdasarkan cerita leluhur, asap belerang yang dibakar bisa menetralisasi udara di lingkungan sekitar, sehingga menjadi bersih. Imbasnya, masyarajat menjadi sehat dan terhindar penyakit. 

"Jadi membakar belerang ini bukan ritual, tetapi tradisi leluhur. Dulu, kalau ada wabah, orang-orang selalu membakar belerang. Di masa pandemi ini ritual itu juga kami lakukan. Kami meyakini asap belerang ini bisa menetralisasi udara dari racun dan virus," kata salah seorang perangkat Desa Sidorejo, Sutrisno, Kamis (4/3/2021). 

Sutrisno mengatakan, setiap pekan, perangkat desa memfasilitasi warga untuk membakar belerang beramai-ramai. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2