Bupati Jember Kembalikan Rp70,5 Juta Honor Pemakaman Covid-19 ke Kas Daerah 

Avirista Midaada · Sabtu, 28 Agustus 2021 - 01:13:00 WIB
Bupati Jember Kembalikan Rp70,5 Juta Honor Pemakaman Covid-19 ke Kas Daerah 
Bupati Jember Hendy Siswanto. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.idBupati Jember Hendy Siswanto mengembalikan honor pemakaman Covid-19 sebesar Rp70,5 juta ke kas daerah. Langkah itu juga diikuti sejumlah pejabat Pemkab Jember yang ikut menerima honor. 

"Sudah dikembalikan ke Kasda. Nominalnya untuk empat orang pejabat, saya, Pak Bupati, Plt Kepala BPBD dan kabidnya, masing-masing Rp 70,5 juta. Jadi totalnya ada Rp 282 juta," kata Sekda Jember, Mirfano dikonfirmasi, Jumat (27/8/2021).

Selain bupati, pejabat yang mengembalikan honor yakni Sekda Jember Mirfano, Plt Kepala BPBD Jember M Jamil dan dua orang kepala bidang di BPBD.

Bukti setoran pengembalian honor pemakaman Covid-19 Bupati Jember. (Foto: iNews/Avirista Midaada)
Bukti setoran pengembalian honor pemakaman Covid-19 Bupati Jember. (Foto: iNews/Avirista Midaada)

Mirfano mengatakan, honor tersebut telah dikembalikan ke kas daerah Kabupaten Jember. Mirfano menyebut menyaksikan langsung staf bendaharanya menyerahkan honor itu ke kas daerah di Bank Jatim Cabang Jember.

Menurutnya, honor pemakaman Covid tersebut diterima bukan untuk kepentingan pribadi. Bupati Jember dan penerima honor lainnya menyumbangkan honor tersebut kepada keluarga korban Covid-19.

Mirfano mengklaim, uang yang dikembalikan bupati ke kas daerah merupakan uang pribadi.

"Sehingga (honor disumbangkan) tersebut yang dilakukan bupati diganti dengan dari uangnya sendiri. Karena uangnya yang dari honor itu juga ikut dikembalikan," kata Mirfano.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: