Belasan Rumah Rusak Terdampak Ledakan Pabrik Bioetanol yang Terbakar di Mojokerto

Sholahudin ยท Senin, 10 Agustus 2020 - 20:13:00 WIB
Belasan Rumah Rusak Terdampak Ledakan Pabrik Bioetanol yang Terbakar di Mojokerto
Kaca rumah warga yang pecah akibat ledakan pabrik bioetanol di Mojokerto. (Foto: iNews/Sholahuddin)

MOJOKERTO, iNews.id - Sedikitnya belasan rumah warga rusak akibat terdampak ledakan Pabrik Bietanol yang terbakar di Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (10/8/2020) sore. Kaca rumah pecah hingga atap plafon jebol akibat kerasnya bunyi ledakan.

Pantauan iNews, warga di sekitar lokasi pabrik milik PT Energi Agro Nusantara tampak sibuk membersihkan rumah mereka dari kerusakan.

"Rumah kami ini jaraknya kurang lebih 100 meter dari lokasi pabrik. Tapi kaca-kaca rumah sampai pecah. Ledakannya keras sekali," ujar Efendi Setiawan, warga setempat.

Menurutnya, kejadian itu mengagetkan warga yang rata-rata sedang beristirahat. Ledakan pertama terdengar pukul 14.30 WIB yang diikuti ledakan susulan.

Informasi diperoleh, sumber ledakan ditengarai berasal dari tangki utama produksi bioetanol. Kejadian ini menyebabkan satu orang karyawan tewas dan 10 lainnya terluka.

"Kami belum tahu ledakan dari mana, tapi yang terbakar area produk bioetanol. Saat kejadian ada aktivitas pekerja. Saat kebakaran, kami langsung panggil PMK untuk pemadaman," ujar Aril, Humas PT Energi Agro Nusantara.

Kasus kebakaran pabrik ini sudah dalam penanganan polisi. Sementara korban meninggal dan luka-luka telah dievakuasi ke rumah sakit. 


Editor : Donald Karouw