Belanja UMK dan PDN Surabaya Terbesar se-Indonesia, Eri Cahyadi: APBD untuk Rakyat

Ihya Ulumuddin ยท Rabu, 30 November 2022 - 11:27:00 WIB
Belanja UMK dan PDN Surabaya Terbesar se-Indonesia, Eri Cahyadi: APBD untuk Rakyat
Daftar realisasi UMK dan PDN se-Indonesia. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Belanja APBD Kota Surabaya untuk sektor usaha mikro dan kecil (UMK) dan produk dalam negeri (PDN) tercatat sebagai yang terbesar se-Indonesia. Tercatat, belanja APBD untuk UMK per 25 November 2022 telah mencapai Rp1,2 triliun, sementara untuk PDN tembus di angka Rp1,7 triliun. 

Data tersebut diungkap oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada Rakor Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor  2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. 

"Pemkot Surabaya telah dan akan terus mengoptimalkan belanja untuk UMKM dan produk dalam negeri. Ini soal keberpihakan ke ekonomi rakyat. APBD jangan lagi hanya dinikmati pabrikan-pabrikan besar. Harus semakin banyak UMKM yang menikmati APBD demi kesejahteraan warga Surabaya," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Selasa (29/12/2022).

Eri mengatakan, optimalisasi belanja untuk UMKM dan PDN ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa APBD harus didedikasikan untuk rakyat. APBD tersebut digunakan untuk menstimulasi ekonomi rakyat. 

Eri lantas membeber sejumlah inovasi Pemkot Surabaya dalam mendorong pelibatan UMK serta meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, di antaranya produksi paving yang melibatkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), yang kemudian dibeli Pemkot Surabaya melalui APBD. 

"Program pavingisasi ini menyentuh ke seluruh penjuru kampung di Surabaya. Kalau kami beri kepercayaan, UKM terbukti bisa, MBR terbukti bisa. Buktinya paving produksi MBR," katanya. 

Eri Cahyadi menambahkan, Pemkot Surabaya juga menggeber berbagai program yang melibatkan UMKM penjahit dan perajin di kampung-kampung. Pemkot Surabaya memesan ratusan ribu seragam dan sepatu untuk dibagikan gratis ke pelajar SD dan SMP dari keluarga kurang mampu.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: