Begini Persiapan Risma Sambut Warga Surabaya yang Diobservasi di Natuna

Yudha Prawira ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 15:11:00 WIB
Begini Persiapan Risma Sambut Warga Surabaya yang Diobservasi di Natuna
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Yudha Prawira/iNews)

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempersiapkan kepulangan 34 warganya yang selesai diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau. Beberapa yang dipersiapkan adalah, rumah sakit, puskesmas serta peralatan medis untuk memonitor kondisi kesehatan warga yang dievakuasi dari Wuhan, China akibat virus korona.

"Nanti ada rumah sakit yang akan terima dulu, baru ke keluarganya," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Sabtu (15/2/2020).

Risma menambahkan, pihaknya juga menyiapkan peralatan medis untuk keluarga. Tak hanya itu, Risma juga sudah mempersiapkan dua rumah sakit yakni RSUD Bakti Dharma Husada (BDH) dan RSUD Soewandhie.

Rumah sakit itu, kata Risma, sudah disiapkan beberapa hari sejak wabah virus korona.

"Kita siapkan peralatan terutama untuk keluarganya. Kalau ada jeda sekian hari kita sudah siap," kata dia.

Lebih lanjut Risma mengatakan, dirinya sempat merasa khawatir karena warganya yang dievakuasi dari Wuhan langsung diterbangkan ke Indonesia. Alhasil, Pemkot Surabaya akhirnya membuka dua rumah sakit yang khusus menangani pasien penyakit seperti korona.

"Kemaren kita khawatir kalau langsung diterima gimana," imbuhnya.

Nantinya, para mahasiswa asal Surabaya yang dari Natuna akan mendapatkan pemeriksaan dari tim kesehatan atau rumah sakit sebelum diserahkan ke keluarga.

"Nanti ada RS yang kan diterima dulu, baru diserahkan ke keluarganya," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto