Basemen Diagnostic Center RSUD Dr Soetomo Terbakar, Dirut: Gedung Utama Aman

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 15 September 2020 - 00:14 WIB
Basemen Diagnostic Center RSUD Dr Soetomo Terbakar, Dirut: Gedung Utama Aman
Asap hitam keluar dari gedung diagnostic RSUD Dr Soetomo, Senin (14/9/2020).(istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Direktur RSUD Dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi memastikan gedung utama rumah sakit aman. Titik kebakaran berada di salah satu gudang onkologi, bukan gedung utama atau tempat pasien.

“Alhamdulilah kebakarannya cepat tertangani. Jadi gedungnya tidak terbakar, tapi barang-barang yang berada di gudang tepatnya di lantai dasar onkologi terbakar,” kata Joni saat dikonfirmasi di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Senin (14/9/2020).

Dia menjelaskan, gudang tersebut sempat digunakan untuk tempat istirahat dan menyimpan barang-barang, di antaranya, cat, kabel dan barang untuk pekerjaan gedung rawat jalan di sebelah gedung onkologi.

“Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung tertangani dengan cepat. Sekitar 15 menit, api sudah berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Sejumlah tim bergotong royong melakukan penanganan. Mereka antara lain K3RS, satpam jaga RS , Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, BPB Linmas, Polsek Gubeng, Satpol PP, Posko Terpadu Timur, PMI, PLN, Kasatgas dan BKO Airlangga, Kasatgas Pucang Sewu, dan Kasatgas Baratajaya.

“Alhamdulilah, petugas dengan cepat menangani, sehingga (kebakaran) tidak menyebar,” katanya.

Karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah dengan cepat membantu penanganan. “Saat ini, pihak yang berwajib juga sedang melakukan investigasi terkait penyebab kebakaran,” katanya.

Diketahui, basemen yang dijadikan parkir mobil di Gedung Diagnostic Center RSUD Dokter Soetomo Surabaya, Jawa Timur (Jatim) terbakar Senin (14/9/2020) sore. Api diduga berasal dari korsleting pada panel listrik.

Akibat kejadian ini, karyawan maupun staf medis dan pasien sempat dibuat panik. Sesuai prosedur, beberapa pasien sempat dievakuasi ke tempat yang lebih aman.


Editor : Ihya Ulumuddin