Basarnas Evakuasi 89 Korban Selamat Kapal Santika yang Terbakar di Masalembu

Abdul Rahem ยท Sabtu, 24 Agustus 2019 - 08:59 WIB
Basarnas Evakuasi 89 Korban Selamat Kapal Santika yang Terbakar di Masalembu
Tim Basarnas mengevakuasi para penumpang Kapal Santika Nusantara yang selamat ke Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim, Sabtu dini hari (24/8/2019). (Foto: iNews/Abdul Rahem)

SUMENEP, iNews.id – Sebanyak 89 korban selamat Kapal Santika Nusantara rute Surabaya, Jawa Timur-Balikpapan, Kalimantan Timur, yang terbakar di perairan Laut Utara, Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, berhasil dievakuasi oleh tim Basarnas. Mereka langsung dibawa ke rumah sosial Pemkab Sumenep, Sabtu (24/8/2019) dini hari.

Kapolres Sumenep AKBP Muslimin mengatakan, tim Basarnas mengevakuasi para penumpang selamat dengan menggunakan kapal nelayan Tunggal Putera ke Pelabuhan Kalianget Sumenep. Mereka selanjutnya dibawa menggunakan puluhan mobil ambulans, beberapa kendaraan polisi dan truk, menuju rumah sosial milik Pemkab Sumenep, Madura untuk mendapatkan perawatan serta makan dan minum.

“Alhamdulillah kita berhasil mengevakuasi sebanyak 89 penumpang yang selamat menggunakan Kapal Tunggal Putera. Mereka sementara akan beristirahat dan akan mendapatkan perawatan,” kata Muslimin.

BACA JUGA:

Kapal Terbakar di Perairan Masalembu, 111 Penumpang Menunggu Evakuasi 

3 Penumpang KM Santika yang Terbakar di Masalembu Ditemukan dalam Kondisi Gosong

Para korban selamat tampak masih lemah dan trauma. Kondisi mereka diharapkan membaik selama ditempatkan di tempat penampungan sementara. Rencananya, para korban selamat akan diberangaktkan ke Surabaya, Minggu (25/8/2019).

“Kami tadi percepat evekuasi supaya mereka bisa segera beristirahat. Kami juga akan melakukan identifikasi. Selanjutnya, rencananya besok akan diberangkatkan ke Surabaya. Busnya sudah disiapkan,” ujar Muslimin.

Data sementara yang diperoleh, kapal nahas tersebut memuat penumpang sebanyak 162 orang termasuk anaka buah kapal (ABK). Sebanyak 139 penumoang selamat, empat orang ditemukan meninggal dunia, dan 19 orang lainnya dinyatakan hilang.

Kapal penumpang KM Santika Nusantara terbakar pada Kamis malam (22/8/2019) saat melintas di Perairan Masalembu. Kapal ini berangkat dari Kota Surabaya Kamis sore kemarin dengan tujuan Balikpapan.


Editor : Maria Christina