Kapal Terbakar di Perairan Masalembu, 111 Penumpang Menunggu Evakuasi

Ihya Ulumuddin ยท Jumat, 23 Agustus 2019 - 07:47 WIB
Kapal Terbakar di Perairan Masalembu, 111 Penumpang Menunggu Evakuasi
Proses evakuasi kapal tenggelam. (Foto: Dok iNews)

SURABAYA, iNews.id – KM Santika Nusantara berpenumpang 111 orang, rute Surabaya - Balikpapan, terbakar di perairan Masalembu, Kamis (22/8/2019), sekitar pukul 20.45 WIB malam. Seluruh penumpang dikabarkan selamat dan tengah menunggu proses evakuasi.

Berdasarkan manifes, penumpang terdiri dari penumpang dewasa 100 orang, anak-anak enam orang, dan bayi lima orang. Kapal juga mengangkut 83 kendaraan berbagai jenis.

SAR Mission Coordinator Basarnas Prasetya Budiarto mengatakan, saat musibah terjadi, 53 penumpang telah dievakuasi menggunakan lift raft (perahu penyelamat dalam kapal) dan saat ini telah dipindahkan ke kapal penolong menuju Dermaga Tanjung Perak Surabaya.

"Sebanyak 53 penumpang di lift raft sudah dievakuasi KMV Bintang Samudera 1 dab KM Dharma Fery 7. Saat ini dalam perjalanan menuju Surabaya. Sementara sisanya, masih menunggu kapal-kapal yang melintas lainnya," katanya.

Prasetya mengatakan, untuk upaya penyelamatan, Basarnas telah mengerahkan KN SAR Laksamana milik Kantor SAR Banjarmasin dan KN Cundamani milik KSOP Surabaya.

"Semua sudah dalam perjalanan menuju TKP," ujarnya.

Tak hanya itu pihaknya juga bekerja sama dengan VTS Surabaya guna berkomunikasi dengan kapal-kapal terdekat di sekitar lokasi untuk evakuasi.

"Semua upaya kita lakukan untuk penyelamatan penumpang. Mohon doanya, semoga cuaca di lokasi bersahabat, sehingga proses evakuasi bisa aman dan lancar," katanya.

Hingga berita ini ditulis, upaya evakuasi masih berlangsung. Pihak Basarnas juga belum mengetahui penyebab musibah kebakaran itu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal