Banjir di Kabupaten Jember Kembali Meluap, 4.000 Keluarga Terdampak 

Bambang Sugiarto, Ihya Ulumuddin · Selasa, 19 Januari 2021 - 20:44:00 WIB
Banjir di Kabupaten Jember Kembali Meluap, 4.000 Keluarga Terdampak 
Warga memindahkan barang dari rumah ke tempat aman akibat banjir, Selasa (19/1/2021). (Foto: iNews.id/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id - Banjir di lima kecamatan di wilayah Jember kembali meluap. Debit air sempat surut pada Senin (18/1/2021) siang. Namun, malam tadi kembali naik hingga mencapai 60 Cm. 

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim Satriyo Nurseno mengatakan ada 4.000 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir di lima kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Bangsalsari, Tanggul, Gumukmas, Puger, dan Tumpurejo.

"Sebenarnya sudah surut. Kemarin pas Pak Sekdaprov kunjungan ke sana, hujan lebat. Ada tambahan debit air ke pemukiman setinggi 50-60 sentimeter," katanya, Selasa (19/1/2021). 

Satriyo mengatakan, banjir yang melanda 12 desa di lima kecamatan sejak 14 Januari itu terjadi akibat hujan intensitas tinggi. Selain itu, banjir dan jebolnya tanggul Sungai Gladak Putih dan Sungai Curahnongko.

"Jadi setelah Pak Sekda balik ke Surabaya, teman-teman dari Provinsi tidak jadi pulang. Ada dua tim BPBD Jatim, kurang lebih 10 orang yang masih standby di sana untuk membantu penanganan," ujarnya. 

BPBD Jatim bersama BPBD setempat dan jajaran dinas terkait di Provinsi Jatim telah mendirikan posko penanganan banjir di Kecamatan Tumpurejo. Ada puluhan korban yang mengungsi.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2