Awas Materai Palsu! Komplotan Pencetak dan Pengedar Ditangkap di Bojonegoro

Dedi Mahdi ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 12:33 WIB
Awas Materai Palsu! Komplotan Pencetak dan Pengedar Ditangkap di Bojonegoro
Materai palsu yang dijadikan barang bukti. (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.idKomplotan produsen dan penjual materai palsu di Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi. Dari tangan para tersangka, polisi menyita 59.049 materai siap edar.

Para pelaku terdiri atas MA (31), MH (44), ES (48), NK (34), S (35) warga Bojonegoro. Mereka merupakan pengedar materai palsu. Smentara satu tersangka sebagai pembuat atau produsen materai palsu berinisial AS (35) warga Kota Semarang, Jawa Tengah.

Selain membuat dan mengedarkan materai palsu, petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Bojonegoro juga mendapati materai bekas yang didaur ulang. Materai 3.000 dan 6.000 dijual secara daring.

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan mengatakan, modus yang dilakukan tersangka adalah mencetak materai palsu serta membeli materai bekas asli lalu didaur ulang. Petugas membongkar kasus ini berkat adanya laporan masyarakat.

“Materai palsu dan daur ulang ini dijual secara daring, melalui aplikasi jual beli ternama berinisial S. Selain dijual online, para tersangka juga mengedarkan ke perkantoran yang ada di desa-desa. Materai dijual lebih murah dari harga pasaran,” katanya saat rilis kasus Rabu (15/7/2020).

Dadi hasil penyelidikan, para pengedar yang ada di Bojonegoro beroperasi sejak dua bulan. Namun produsen yang ada di Semarang ini sudah beroperasi sejak tahun 2017.

Para tersangka dijerat UU Nomor 13 tahun 1985, Pasal 13, 253, 257 dan 260 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun dan tujuh tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah