7 Warga di Malang Terpapar Covid-19, Waspada Klaster Unjung-unjung Lebaran

Deni Irwansyah · Jumat, 28 Mei 2021 - 07:53:00 WIB
7 Warga di Malang Terpapar Covid-19, Waspada Klaster Unjung-unjung Lebaran
Kawasan padat penduduk di Jl Tretes Selatan, Malang, terancam kasus Covid-19 setelah 7 warga dinyatakan positif. Dikhawatirkan muncul klaster unjung-unjung Lebaran. Foto: iNews.id/Deni Irwansyah

MALANG, iNews.id - Setelah muncul klaster di perumahan Tlogomas dan Lowokdoro, kini Kota Malang, diancam klaster unjung-unjung Lebaran. Sebab tujuh orang dari dua RT di areal padat Jalan Tretes Selatan, terkonfirmasi positif dan dua diantaranya meninggal dunia.

Ketua RW 5 Lowokwaru, Winarto, mengatakan, lima warga yang dinyatakan positif sekarang ini tengah menjalani isolasi mandiri. Empat orang diisolasi di RS Lapangan, sedangkan satu orang lagi di rumah.

"Kenapa di rumah? Karena masih kecil, masih 13 tahun," kata Winarto, Jumat (28/5/2021).

Sekarang ini tengah dilakukan pensterilan di kawasan padat penduduk tersebut. Penyemprotan disinfektan dibantu dari BPBD Malang dilakukan di setiap perumahan di kawasan itu.

Belum dapat dipastikan penyebaran Covid-19 di daerah tersebut. Sejauh ini proses pelacakan (tracing) masih dilakukan kepada warga.

Tidak sedikit pula warga yang mengajukan swab massal kepada dinas terkait. Khususnya mereka yang pernah kontak erat dengan tujuh warga yang terpapar.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik BPBD Malang, Nur Azmi menduga, penularan terjadi ketika warga menerima tamu dari luar. Pada saat unjung-unjung Lebaran.

"Jadi memang ada yang menerima tamu dari luar daerah," kata Nur Azmi.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: