672 Rumah di Bondowoso Rusak Akibat Puting Beliung

Riski Amirul Ahmad ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 19:00 WIB
672 Rumah di Bondowoso Rusak Akibat Puting Beliung
Rumah rusak akibat puting beliung di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: iNews.id/Riski Amirul Ahmad)

BONDOWOSO, iNews.id - Cuaca ekstrem di Bondowoso, Jawa Timur mengakibatkan 672 rumah rusak diterjang puting beliung. BPBD mengimbau warga tetap waspada selama Januari ini.

Setidaknya sejak Desember 2019, BPBD Bondowoso mencatat sebanyak 672 rumah rusak rata-rata di bagian atap akibat angin puting beliung.

Kepala BPBD Kabupaten Bondowoso, Kukuh Triyatmoko mengimbau warga untuk memangkas pohon rimbun dan tinggi. Kemudian, jika muncul awan hitam disertai angin memutar, warga diminta berlindung.

BACA JUGA: Polisi Buru Member Memiles yang Dapat Hadiah Mobil Pajero

"Kita itu ada di daerah cekungan. Kecendungannya itu jadi angin kencang dan angin puting beliung. Itu sepanjang tahun kita harus siap siaga," ujarnya, Minggu (12/1/2020).

Sementara, bagi warga yang rumah di wilayah lapang, atap genteng hendaknya dilapisi penguat seperti bambu atau kayu di bagian atas. Sehingga saat terjadi angin atap tidak mudah terangkat.

BACA JUGA: Ayah di Jember Telanjangi dan Kurung Anak di Kandang Ayam, Tangan-Kaki Diborgol

Dia mengingatkan, wilayah yang berpotensi diterjang angin putih beliung yakni Kecamatan Kenggarang dan Curahdami. Dari 672 rumah rusak, 270 di antaranya berada di Kecamatan Curahdami.

Selain angin puting beliung, Kabupaten Bondowoso juga rawan banjir bandang. Dengan titik kerawanan di Kecamatan Klabang dan Ijen.


Editor : Nani Suherni